Besi Wiremesh Roll

Penjelasan Besi Wiremesh Roll 

Wiremesh adalah rangkaian besi yang terdiri dari baris paralel dan kolom kawat yang saling berpotongan. Kabel-kabel  atau wire yang berpotongan ini biasanya disambung dengan pengelasan agar saling terikat sempurna dan kokoh.

Besi maupun baja merupakan elemen yang penting dalam sebuah konstruksi. Salah satu produknya ialah wiremesh yang banyak dimanfaatkan dalam banyak hal, seperti pada pembuatan gedung bertingkat.

Perbedaan wiremesh biasa dengan wiremesh roll yaitu dari segi tampilannya karena wiremesh roll dengan cara digulung sehingga dinamakan dengan Roll, untuk fungsinya bisa dikatakan sama dengan wiremesh yang lain.

Tabel Jenis dan Berat

Ini adalah tabel jenis, berat dari Wiremesh yang tersebar di pasar indonesia sebagai berikut :

Nah Bagaimana? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Wiremesh yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Wiremesh  tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Wiremesh dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Fungsi Wiremesh

Dalam dunia konstruksi, wiremesh dan spesifikasinya di atas sangat berguna sebagai:

  • Untuk diaplikasikan pada anak tangga sehingga menjadi lebih kuat dan juga kokoh.
  • Mampu dipakai sebagai elemen untuk memperkuat dak beton atau plat lantai fungsi ini banyak diaplikasikan pada rumah bertingkat dimana anyaman kawat wiremesh menjadi salah satu elemen untuk lantainya.

Ukuran Kawat Wiremesh

Itulah tadi fungsi dan spesifikasi wiremesh dalam dunia konstruksi. Untuk masalah ukuran, wiremesh cukup beragam, seperti yang telah dijabarkan dalam uraian di atas, yaitu:

Berupa lembaran dengan ukuran 2,1 meter x 5,4 meter

Berupa besi gulungan atau roll dengan lebar 2,1 meter. Sedangkan panjangnya adalah 54 meter

Lalu berapa diameter wiremesh? Diameter besi yang dibuat wiremesh atau dianyam ini tidaklah sama. Pemilihannya tergantung dengan proyek apa yang sedang dikerjakan. Untuk proyek sederhana, bisa saja memakai kawat berdiameter kecil. Sedangkan untuk proyek besar, maka kawat juga menyesuaikan dengan kebutuhan.

Besi yang dijadikan kawat anyaman pada wiremesh dengan diameter besar sangatlah kokoh dan kuat. Hal ini juga akan mempengaruhi harganya. Untuk diameter yang besar, sering dipakai dalam berbagai pekerjaan konstruksi seperti:

  • Pengerjaan jembatan
  • Pengerjaan jalan raya
  • Pengerjaan trotoar
  • Pengerjaan jalan layang di perkotaan

Tips Memilih Wiremesh untuk Konstruksi

Beberapa tips tersebut adalah:

  • Memakai sistem las otomatis

Kenapa harus memilih wiremesh dengan sistem las otomatis? Karena jika memakai yang sistem lasnya manual,  hasilnya biasanya tidaklah sempurna dan rapi. Kawat tersebut juga biasanya kurang teratur dengan adanya jarak yang tidak sama antara anyaman.Jadi, selain memperhatikan wiremesh dan spesifikasinya, perhatikan pula sistem pengelasannya hingga Anda akan mendapat produk wiremesh terbaik dan berkualitas. Selain dari segi kualitas, cara memilih wiremesh mungkin bisa disesuaikan dengan budget yang ada. Baik wiremesh gulungan maupun lembaran, harganya sangat bervariasi dan juga beragam.

  • Pilih wiremesh yang bersih

Karena wiremesh dibuat dari kawat, maka pilihlah wiremesh yang bersih dan tidak ada karatnya. Hal ini tentu sangat penting karena kawat yang karatan atau mengalami proses korosi akan mudah rusak dan tidak bisa menjadikan konstruksi sempurna seperti yang diharapkan.Meskipun karat pada besi hanya sedikit, namun sebaiknya jangan dipilih. Kenapa? Karena besi yang berkarat, lama kelamaan akan melebar dan membuat besi lebih mudah rusak dan akhirnya patah.

Jenis Jenis Besi Wiremesh

Berikut ini adalah beberapa tipe wiremesh yang dapat Anda temukan, tiga diantaranya adalah Mining Mesh, Construction Mesh, dan Special Mesh

  • Mining Mesh, biasanya berbentuk seperti jala. Mesh dengan bentuk ini diproduksi dengan potongan flush di bagian pinggirnya untuk meningkatkan penanganan, instalasi, dan juga mengikuti standar keselamatan. Biasanya Mining Mesh ini dibuat dengan cara dipanggang dan di desain memang untuk membuat lingkungan kerja yang aman bagi para pekerja yang mencapai atap atau rusuk gedung. Lapisan ini juga diproduksi dari kawat – kawat individu yang tahan listrik dan dilas bersama – sama sehingga membentuk lembaran seperti jala. Mining Mesh tersedia dalam bentuk lembaran maupun gulungan.
  • Construction Mesh, kita juga bisa menyebutnya dengan Mesh Konstruksi, ini adalah mesh yang biasa digunakan pada bangunan seperti jembatan, tambang batubara, dan bangunan bangunan konstruksi. Construction Mesh ini ada beberapa macam misalnya mesh yang dapat memperkuat dinding, mesh yang dapat memanaskan lantai, dan juga guarding mesh. Mesh yang biasa digunakan untuk keperluan konstruksi ini juga memiliki macam – macam bentuk seperti expanded metal, logam berlubang, atau kawat las. Biasanya terbuat dari fiberglass dan juga stainless steel. Construction mesh biasanya digunakan untuk menjaga tambang batubara, pembangunan terowongan, dan situs – situs konstruksi.
  • Special Mesh, ini adalah mesh yang dapat dibentuk sesuai pilihan, seperti namanya, mesh memiliki beberapa bentuk dan dapat ditempatkan di dalam balok dengan ukuran dan bentuk yang fleksibel tanpa mengubah bentuk balok tersebut. ada beberapa macam special mesh, di antaranya Wedge, yang dapat membuat objeknya berbentuk seperti pasak, Sphere atau bola dengan bentuk yang bulat, Cylinder dengan bentuk tabung, dan juga tentu saja Brick alias balok yang umum digunakan.

Wiremesh dan Spesifikasinya

Wiremesh dan spesifikasinya ini berguna untuk aplikasi konstruksi yang membutuhkan lembaran yang lebih fleksibel. Pembuatannya melibatkan 2 kabel yang dianyam tegak lurus dengan konsisten dan berkesinambungan hingga membentuk lembaran kawat yang kokoh. Baru kemudian mengalami pengelasan untuk hasil akhirnya.

Pembuatan wiremesh kini sudah bisa memakai mesin hingga hasilnya akan lebih cepat dan konsisten. Hasilnya akan sesuai dengan dimensi yang diinginkan. Lembaran kawat yang dianyam dan telah selesai ini lalu dipotong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan untuk pengerjaan konstruksi.

Rangkaian kawat wiremesh memiliki serangkaian kabel yang saling berpotongan. Bentuknya yang sedemikian rupa mirip dengan sebuah anyaman maupun tenunan. Hasil dari anyaman ini mampu menciptakan lembaran stabil.

Untuk aplikasinya sendiri, wiremesh cukup beragam kegunaannya. Yang paling umum, anyaman kawat ini digunakan untuk berbagai bidang, termasuk :

  1. Rak
  2. Saringan
  3. Pagar
  4. Penguatan beton
  5. Grills
  6. dll.

Fungsi yang satu ini bisa menggunakan wiremesh yang diaplikasikan pada jendela maupun mesin dan juga panel tangga. Pada selokan dan juga ventilasi, wiremesh juga banyak diaplikasikan.

Wiremesh selain dipakai untuk konstruksi perumahan, juga dipakai untuk sebuah industri. Gunanya untuk pemisahan atau filtrasi jika diperlukan di dalamnya. Sedangkan aplikasi untuk wiremesh yang lainnya ialah untuk berbagai hal, seperti untuk keamanan.

Wiremesh juga disebut sebagai kain kawat, merupakan produk yang sangat serbaguna dengan ribuan aplikasi berbeda di seluruh dunia. Variasi produk wiremesh sendiri bergantung pada kemampuan manufaktur, ada kombinasi ukuran dan diameter kabel yang hampir tak terbatas variasinya yang dapat diproduksi, baik dalam konstruksi berbentuk anyaman atau dilas.

Hal ini membuat wiremesh mempunyai fungsi yang sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari. khususnya dalam dunia arsitektur, dimana hampir setiap konstruksi membutuhkan elemen ini untuk pengerjaan terbaik.

Karena wiremesh adalah produk industri yang serba guna, konstruksi dan industri cenderung untuk memiliki peran paling besar di dalamnya.

Wiremesh dan spesifikasinya secara lengkap dapat dilihat berdasarkan ukuran maupun jenis kawatnya. Untuk pengelasan, pengerjaan wiremesh biasa menggunakan baja tahan karat, baja galvanis, dan juga baja karat T-304. Itulah bahan yang paling umum ditemui dalam bidang ini.

Untuk ukuran sendiri, wiremesh memiliki keragaman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dalam konstruksi maupun industri. Bukan  hanya beragam dalam bentuk. Ada wiremesh dengan bentuk jajar genjang dengan diameter kawat yang beragam pula.

Untuk yang lebih ekonomis, bisa pula memilih wiremesh dan spesifikasinya yang lebih hemat, yaitu memiliki ukuran kawat tertentu. Diameter kabel bisa ditentukan sendiri yang umumnya dibeli dalam gulungan maupun lembaran.

Nah itulah tadi artikel mengenai Wiremesh mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Wiremesh, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.