Mengenal Lebih Jauh Tentang Besi Rel

Awalnya, rel terbuat dari kayu, besi cor, atau besi tempa. Semua rel zaman modern terbuat dari baja hot rolling. Biasanya penampang tersebut berbentuk I-beam tetapi simetris terhadap sumbu horizontal (lihat rel beralur di bawah). Kepala diprofilkan untuk mencegah keausan dan untuk memberikan kenyamanan saat perjalanan, sementara kaki diprofilkan agar sesuai dengan tata cara pemasangannya

Tidak seperti kegunaan lain dari besi dan baja, Besi rel dibuat untuk menghadapi tekanan gandar yang sangat tinggi dan terbuat dari baja berkualitas sangat tinggi. Perlu beberapa dasawarsa untuk meningkatkan kualitas bahan, termasuk perpindahan dari besi ke baja. Kesalahan kecil dalam pembuatan baja mungkin tidak menimbulkan masalah yang berarti; namun di sisi lain dapat menyebabkan rel rusak dan mengakibatkan anjlokan ketika digunakan pada rel kereta api.

Sifat Besi Rel memiliki kekuatan tinggi dan kuat pada kekuatan tarik maupun tekan dan oleh karena itu Besi Rel menjadi elemen struktur yang memiliki batas yang sempurna akan menahan jenis beban tarik aksial, tekan aksial, dan lentur dengan fasilitas serupa dalam pembangunan strukturnya. Kepadatan tinggi Besi Rel, tetapi rasio berat antara kekuatan komponen Besi Rel juga tinggi sehingga tidak terlalu berat dalam kaitannya dengan kapasitas muat beban, memastikan selama bentuk struktur (konstruksi) yang digunakan yang bahan yang digunakan secara efisien.

Tabel Jenis dan Berat

Ini adalah tabel jenis, berat dari Besi WF yang tersebar di pasar indonesia sebagai berikut :

Nah Bagaimana? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Besi WF yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Besi WF tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Besi WF  dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Sifat Mekanis Struktur Besi Rel

Pada saat regangan awal, dimana Besi Rel tidak berubah bentuk dan menyebabkan regangan pada saat beban regangan tadi dilepas, Besi Rel akan kembali ke bentuk aslinya. Regangan ini disebut regangan elastis karena sifat bahan masih elastis. Perbandingan antara tegangan dengan regangan dalam keadaan elastis disebut “Modulus Elastisitas / Young Modulus”. Ada 3 jenis tekanan yang terjadi pada Besi Rel, yaitu:   Sifat Mekanis Struktur Besi Rel dari suatu material adalah kemampuan bahan-bahan tersebut untuk memberikan perlawanan ketika diberi beban pada bahan tersebut. Atau dapat kita katakan adalah sifat mekanik bahan dalam kekuatan untuk menanggung beban yang datang dari luar. Sifat penting dari Besi Rel adalah kekuatan tarik.

  • Tegangan leleh, dimana baja mulai rusak/leleh
  • Tegangan plastis, tegangan maksimum baja, dimana baja mencapai kekuatan maksimum; dan
  • Tegangan, dimana baja masih dalam keadaan elastis;

Kekerasan Baja adalah resistensi dari baja dengan jumlah kekuatan yang dapat menembus permukaan baja. Ketangguhan baja adalah hubungan antara jumlah energi yang dapat diserap oleh baja sampai baja tersebut putus.

Baja memiliki kekuatan tinggi dan kuat pada kekuatan tarik yang sama serta pers dan oleh karena itu baja adalah elemen struktur yang memiliki batasan yang sempurna akan menahan jenis beban tarik aksial, tekan aksial, dan lentur dengan fasilitas serupa. Semua bagian dari konstruksi baja dapat dibuat di bengkel, sehingga satu-satunya kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan instalasi lapangan adalah bagian konstruksi yang telah disusun. Sifat baja yang dapat mengalami deformasi yang besar di bawah pengaruh tegangan tarik yang tinggi tanpa hancur atau rusak disebut daktilitas properti.

Selain keuntungan lain dari struktur baja, antara lain :

  • Dapat dilas
  • Proses instalasi berlangsung dengan cepat di lapangan
  • Komponen Strukturnya dapat digunakan lagi untuk tujuan lain;
  • Komponen tidak dapat digunakan lagi masih memiliki nilai sebagai besi tua; dan
  • Struktur yang dihasilkan adalah permanen dengan cara yang tidak terlalu sulit pemeliharaan;

Nah itulah tadi artikel mengenai Besi Rel mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Besi Rel, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.