Besi WF (Wide Flange)

Besi WF atau sering Di sebut Juga Wide Flange

Besi WF – atau yang sering disebut dengan “Wide Flange” adalah salah satu jenis besi yang sering digunakan sebagai rangka besi dari sebuah bangunan agar lebih kuat dan tahan lama. Besi WF sendiri memiliki jenis – jenis seperti WF IWF H, dan WF Beam yang juga memiliki fungsi masing – masing dalam sebuah pembangunan.

Sistem konstruksi Besi Baja WF bangunan merupakan kombinasi dari elemen struktur yang cukup rumit. Dalam sistem struktur Baja WF sistem seperti ini dapat membawa beban dengan aman dan efektif semua gaya yang bekerja pada bangunan, kemudian dikirim ke pondasi. Berbagai beban dan gaya yang bekerja pada bangunan termasuk beban vertikal, horizontal, perbedaan suhu, getaran dan sebagainya. Dalam sebuah bangunan baja, selalu ada unsur-unsur yang berfungsi untuk menahan gaya gravitasi dan gaya lateral. Sistem Konstruksi Baja WF merupakan material yang memiliki sifat struktural yang sangat baik sehingga pada akhir tahun 1900, mulai menggunakan Baja WF sebagai bahan struktur (Konstruksi), saat itu metode pengolahan Baja WF yang murah dikembangkan dalam skala besar. 

Gaya gravitasi bekerja ke bawah ke arah gravitasi akan melewati balok ke kolom, kemudian ke pondasi. Dalam sistem penahan gaya menggunakan konstruksi Baja WF kaku (rigid). Pada sistem struktur Baja WF lainnya, cara yang berbeda juga bisa dilakukan. Sistem konstruksi baja menggunakan batang baja sebagai kolom dan balok, sementara untuk pondasi menggunakan pondasi beton pile atau setapak, atau sesuai kebutuhan. Kolom yang di sekrup ke atas pondasi. Sistem sambungan antara kolom, balok dan tras penyangga lantai. diatas tras dapat diletakkan lembaran galvalum sebagai konstruksi bawah lantai, kemudian di atasnya dapat di cor. Sambungan antara kolom dan balok menggunakan prinsip sambungan kaku.

Sifat Baja WF memiliki kekuatan tinggi dan kuat pada kekuatan tarik maupun tekan dan oleh karena itu Baja WF menjadi elemen struktur yang memiliki batas yang sempurna akan menahan jenis beban tarik aksial, tekan aksial, dan lentur dengan fasilitas serupa dalam pembangunan strukturnya. Kepadatan tinggi Baja WF , tetapi rasio berat antara kekuatan komponen Baja WF juga tinggi sehingga tidak terlalu berat dalam kaitannya dengan kapasitas muat beban, memastikan selama bentuk struktur (konstruksi) yang digunakan yang bahan yang digunakan secara efisien.

Besi Baja WF sebagai pondasi Struktur Bangunan

Ini adalah tabel jenis, berat dari Besi WF yang tersebar di pasar indonesia

sebagai berikut :

Daftar Jenis Besi WF yang ada di Indonesia :

Nah Bagaimana? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Besi WF yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Besi WF tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Besi WF  dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Untuk insinyur sipil, konstruksi baja yang dirancang untuk dapat menjamin keamanan kemungkinan bahwa berkelanjutan yang berlebihan (overload) sehingga bisa membahayakan bangunan dalam jangka panjang. Selain itu, juga perlu diperhitungkan kemungkinan daya tahan atau kekuatan lebih rendah Iranian perhitungan di atas kertas (under strength). Secara umum, masalah ‘salah perhitungan’ ini terjadi pada batang, menghubungkan atau sistem konstruksi itu sendiri.

Bangunan dibuat dengan konstruksi baja umumnya memiliki daya tahan dan kekuatan yang cukup besar. Biasanya dalam membuat desain yang menggunakan baja mengacu pada American Institute of Steel Construction (AISC) sebagai filosofi manufaktur dan didasarkan pada ambang batas (limited sates). Desain konstruksi harus mampu menahan kelebihan dalam hal perubahan fungsi struktur principle disebabkan oleh penyederhanaan yang berlebihan dalam analisis struktur dan variasi dalam prosedur konstruksi.

Untuk menghindari kesalahan dalam perhitungan konstruksi baja, ahli bangunan atau orang-orang yang mendirikan rumah dan bangunan telah menghitung volume material sebelum strukturnya, khususnya komponen penting yang membuat itu sebagai kolom, balok, purlins , piring bahan, trekstang, ikatan angin (bracing), jarum keras (turnbuckle), baut, rangka besi datar dan sudut talang. Sementara komponen lain di luar pokok adalah tie beam / sloof dan diperkuat pelat lantai beton.

Untuk kolom biasanya menggunakan material baja Lebar rim (WF). Ini adalah salah satu profil baja struktural fencing yang banyak digunakan dalam semua konstruksi baja. Sebagian besar pengguna kadang-kadang bingung karena profil jenis ini memiliki beberapa variasi nama, misalnya, sering disebut profil H,  H-BEAM, IWF atau I. Beberapa tempat bahkan disebut WH, SH dan MH. Sama dengan kolom, balok baja juga menggunakan WF. Sementara Gording cenderung menggunakan jenis bahan baja CNP atau yang biasa disebut sebagai balok purlin, kanal C, C-Channel, profil Gording C. Selain itu, CNP baja cradle juga digunakan untuk menutupi balok atap, bingkai komponen arsitektur, dan untuk terus penutup dinding seperti lembaran logam.

Komponen utama di atas lalu dihitung volumenya sesuai dengan gambar konstruksi baja yang telah direncanakan, untuk menghindari kesalahan dan kegagalan seperti tekukan, kelelahan, retak dan geser, defleksi, getaran, deformasi permanen dan rekahan. Oleh karena itu, beban dan ketahanan terhadap beban merupakan variabel principle harus diperhitungkan. Bahkan, agak sulit untuk melakukan analisis principle komprehensif Iranian hal-hal principle tidak pasti principle dapat mempengaruhi pencapaian keadaan batas. Jadi perhitungan kasar dapat digunakan sebagai referensi umum untuk mencegah kegagalan konstruksi.

Sebagai bahan bangunan, kelebihan baja terletak pada segi bentuk dan struktur yang solid. Kedua nilai-nilai ini membantu para ahli sipil untuk memprediksi lebih matang lagi dalam membangun konstruksi baja dengan presisi dan akurasi yang tinggi. Selain itu, baja juga memiliki daktilitas tinggi, dalam arti bahwa meskipun tarik dan tegangan tinggi tidak membuat bahan langsung hancur atau putus.

Bandingkan dengan kayu. Kelebihan inilah yang dapat mencegah runtuhnya bangunan tiba-tiba. Ini adalah salah satu aspek keselamatan (safety) baja yang dimiliki dibandingkan bahan lainnya. Jika terjadi gempa bumi yang dahsyat, konstruksi baja cenderung tetap stabil dan tidak jatuh secara bersamaan. Tak sedikit, untuk daerah yang rawan gempa, penggunaan konstruksi baja sebagai bahan untuk pembangunan perumahan sangat dianjurkan.

Sifat Mekanis Struktur Baja Wf

Pada saat regangan awal, dimana baja WF tidak berubah bentuk dan menyebabkan regangan pada saat beban regangan tadi dilepas, baja WF akan kembali ke bentuk aslinya. Regangan ini disebut regangan elastis karena sifat bahan masih elastis. Perbandingan antara tegangan dengan regangan dalam keadaan elastis disebut “Modulus Elastisitas / Young Modulus”. Ada 3 jenis tekanan yang terjadi pada baja WF, yaitu:   Sifat Mekanis Struktur Baja Wf dari suatu material adalah kemampuan bahan-bahan tersebut untuk memberikan perlawanan ketika diberi beban pada bahan tersebut. Atau dapat kita katakan adalah sifat mekanik bahan dalam kekuatan untuk menanggung beban yang datang dari luar. Sifat penting dari baja WF adalah kekuatan tarik.

  • Tegangan leleh, dimana baja mulai rusak/leleh
  • Tegangan plastis, tegangan maksimum baja, dimana baja mencapai kekuatan maksimum; dan
  • Tegangan, dimana baja masih dalam keadaan elastis;

Kekerasan Baja adalah resistensi dari baja dengan jumlah kekuatan yang dapat menembus permukaan baja. Ketangguhan baja adalah hubungan antara jumlah energi yang dapat diserap oleh baja sampai baja tersebut putus.

Baja memiliki kekuatan tinggi dan kuat pada kekuatan tarik yang sama serta pers dan oleh karena itu baja adalah elemen struktur yang memiliki batasan yang sempurna akan menahan jenis beban tarik aksial, tekan aksial, dan lentur dengan fasilitas serupa. Semua bagian dari konstruksi baja dapat dibuat di bengkel, sehingga satu-satunya kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan instalasi lapangan adalah bagian konstruksi yang telah disusun. Sifat baja yang dapat mengalami deformasi yang besar di bawah pengaruh tegangan tarik yang tinggi tanpa hancur atau rusak disebut daktilitas properti.

Selain keuntungan lain dari struktur baja, antara lain :

  • Dapat dilas
  • Proses instalasi berlangsung dengan cepat di lapangan
  • Komponen Strukturnya dapat digunakan lagi untuk tujuan lain;
  • Komponen tidak dapat digunakan lagi masih memiliki nilai sebagai besi tua; dan
  • Struktur yang dihasilkan adalah permanen dengan cara yang tidak terlalu sulit pemeliharaan;

Kelebihan baja WF

Diantara kelebihan Struktur Baja WF yaitu :

  • Relatif lebih cepat dan murah (namun tidak selalu) untuk dikonstruksi/dibangun karena:
  • Dapat meminimalisir bahkan meniadakan penggunaan, pekerjaan, dan biaya bekisting (formwork) di lapangan;
  • Tidak ada curing time seperti halnya pada pekerjaan beton bertulang cast-in-situ
  • Kualitas relatif lebih terjamin karena quality control relatif lebih mudah dilakukan di pabrik dibandingkan di lapangan;
  • Dimensi yang diperlukan relatif lebih kecil sehingga dapat menghemat space dan lebih ringan;

Nah itulah tadi artikel mengenai Besi WF mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Besi WF, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.