Apa Itu Plat Grating

Plat grating merupakan rangkaian baja tebal yang dibentuk seperti sebuah jaring dengan ukuran yang teratur. Seluruh komponen besi baja tersebut dirangkai dengan tehnik welding (pengelasan) sehingga ketahanannya sangat kuat. Oleh karena itu, produk grating sangat sering dipakai dalam proyek–proyek industri maupun dalam konstruksi bangunan-bangunan yang besar.

Tabel Jenis dan Berat

Ini adalah tabel jenis, berat dari Plat yang tersebar di pasar indonesia sebagai berikut :

Nah Bagaimana? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Plat yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Plat tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Plat dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Keuntungan Menggunakan Plat Grating

Ada banyak keuntungan menggunakan Plat Grating sebagai bagian dari konstruksi bangunan, diantaranya adalah:

  • Grating ini sudah dengan finishing Hot Dip Galvanis, sehingga tahan terhadap korosi/karat, selain itu mudah pemasangannya, permukaan tidak licin cocok untuk aplikasi di luar/ outdoor, dan ukuran bisa sesuai permintaan/ customs (dengan ketentuan tertentu).
  • Memiliki tingkat efisiensi tinggi untuk kebutuhan jangka lama.
  • Ketahanan cuaca sangat kuat.
  • Ketahanan reaksi kimia sangat kuat.
  • Ketahanan terhadap material yang melintas diatasnya sangat kuat.
  • Praktis, mudah diaplikasikan tanpa perlu waktu lama.
  • Mudah menyesuaikan kebutuhan karena produk plat grating bisa dicustom.

Contoh pengaplikasian Plat Grating

Berbagai contoh pengaplikasian Plat Grating dalam bidang industri dan bidang-bidang lain:

  • Untuk lantai konstruksi industri. Penggunaan Plat Grating untuk tujuan ini sering kita temukan dalam bangunan industri, gudang, mess, dan sebagainya.
  • Untuk komponen anak tangga. Penggunaan Plat Grating untuk tujuan ini sering kita temukan dalam bangunan industri, mess, gudang besar atau tangga darurat di Mall.
  • Untuk penutup drainase. Penggunaan plat grating untuk tujuan ini sering kita jumpai di sudut kota sebagai penutup aliran air, penutup selokan, dan sebagainya.

Dengan berbagai keuntungan dan manfaat yang disebutkan diatas menjadikan Plat Grating tak tergantikan fungsinya. Oleh karena itu, produk plat grating sangat tepat menjadi pilihan utama untuk kebutuhan industri.

Jenis-Jenis Plat Grating

  • Plain Steel Grating

Plain steel grating adalah steel grating dengan permukaan rata dan polos. Meski terkesan licin (karena permukaan logam), penggunaaan plat grating tidak mampu tergantikan dalam beberapa bidang. Sebagai contoh, saat kita membutuhkan produk plat grating untuk sebuah pijakan yang diharuskan tanpa memakai alas kaki, tentu plat grating polos ini lebih tepat untuk dipilih. Karena permukaannya tidak membuat kaki menjadi sakit.

  • Serrated Steel Grating

Serrated steel grating merupakan produk steel grating dengan permukaan bergerigi. Produk plat grating ini sangat tepat digunakan pada area dimana resiko terpleset tinggi, seperti: penggunaan pada tempat berminyak, lantai industri, area yang berair, ataupun tangga.

Tips Memasang Plat Grating

Pemasangan plat grating biasanya dilakukan pada saluran air di area terbuka, seperti jalan raya dan stadion. Desain plat grating yang berlubang memungkinkan air dapat langsung masuk ke dalam saluran drainase melalui lubang grating yang bersangkutan. Selain itu, komponen drainase ini memiliki konstruksi yang cukup kokoh, sehingga dapat berfungsi sebagai jalan penyeberangan.

Karena didesain tanpa menggunakan frame, maka penggunaan plat grating dipasangkan langsung pada beton saluran. Dalam pemasangan material ini, perlu memerhatikan beberapa hal agar dapat berfungsi dengan baik. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan jika Anda ingin mengaplikasikan plat grating di lapangan atau lokasi proyek.

  • Plat grating bagian atas harus dipasang secara rata dengan beton samping. Hal ini bertujuan agar beban yang melewatinya smooth (halus) dan tidak terjadi goncangan pada plat grating yang bersangkutan. Selai itu, plat grating tidak dirancang untuk beban kejut karena permukaan yang tidak rata, sehingga pemasangan bagian atas grating ini harus benar-benar rata.
  • Beton landasan plat grating (bagian kanan dan kiri) harus rata atau sama tinggi. Bagian bawah plat grating diusahakan menempel secara sempurna dengan landasan bawah. Beton landasan bawah ini juga harus dibuat kokoh agar mampu menahan beban plat grating dan juga beban orang atau kendaraan atau benda apa pun yang melewatinya.
  • Lebar landasan beton penyangga sebaiknya dibuat maksimal. Maksimal di sini maksudnya adalah kalau lebar beton dapat dibuat 10 cm, maka sebaiknya dibuat 10 cm. Tidak disarankan untuk membuat minimal lebar beton, karena dikhawatirkan beton tidak akan kuat menahan beban di atasnya. Ukuran lebar beton sendiri dapat disesuaikan dengan panjang plat grating yang akan dipasang. Semakin panjang ukuran sebuah plat grating, maka semakin lebar ukuran landasan beton.

Nah itulah tadi artikel mengenai Plat Grating mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Plat Grating, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.