Apa Itu Plat Kapal ?

Jika plat besi berukuran 4 x 8 feet, maka plat kapal berukuran lebih besar. Standar ukuran plat kapal adalah 5 x 20 feet atau 6 x 20 feet dengan ketebalan mulai dari 3.0 mm hingga 25.0 mm. Sesuai dengan namanya, plat ini kebanyakan digunakan dalam proses pembuatan badan kapal. Ukuran plat kapal yang jauh lebih besar dari plat besi juga memudahkan proses pembuatan kapal. Meski begitu, plat kapal juga sering digunakan dalam industri minyak dan gas untuk bahan tangki maupun tabung/silo.

Plat kapal atau Plat Hitam atau Hot rolled plate merupakan plat baja yang memiliki perbedaan dengan plat besi baja pada umumnya. Selain memiliki kandungan baja di dalam unsur utamanya, keunggulan lainnya dari Hot rolled plate ini adalah memiliki bahan campuran lain di dalamnya, di mana nantinya bahan campuran inilah yang akan sangat berpengaruh terhadap laju korosi yang terjadi pada kapal. Bahan-bahan campuran inilah yang tentunya menambah kualitas dari Hot rolled plate ini.

Kandungan yang terbanyak yang berkisar antara 92 persen hingga 97 persen di dalam tiap lembar Plat kapal atau Plat Hitam atau Hot rolled plate ini tidak lain adalah besi. Selain dari bahan yang disebut di atas, masih ada terdapat banyak kandungan-kandungan lainnya seperti karbon, fosfor, belerang, silikon, dan mangan. Dalam proses mencetak cetakan plat ini sendiri, kotoran-kotoran akan sangat diminimalisir sehingga kualitas plat pun dapat terjaga dengan baik.

Tabel Jenis dan Berat Besi Plat Hitam

Ini adalah tabel jenis, berat dari Plat yang tersebar di pasar indonesia sebagai berikut :

Nah Bagaimana? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Besi Plat yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Besi Plat tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Besi Plat dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Di dalam Plat kapal atau Plat Hitam atau Hot rolled plate ada beberapa tahapan proses yang harus dilalui agar bisa mendapatkan kualitas plat kapal yang terbaik. Proses-proses yang harus dilalui adalah Open Heart Process, Electric Furnaces Process, Oxygen Process dan Chemical Additional Process di mana masing-masing proses ini mempunyai tahapan dan tata cara khusus dan tersendiri di dalam memperlakukan biji besi logam sehingga dapat menghasilkan sebuah plat hitam yang bermutu tinggi.

Kegunaan Plat Kapal

Hot rolled plate dapat diaplikasikan sebagai base plate, bahkan juga seringkali digunakan sebagai bahan utama pada sambungan konstruksi besi baja dengan cara di las, terutama jika terjadi masalah di mana bahan yang sedang digunakan tidak cukup atau ada bagian tertentu yang berada di dalam posisi yang sulit, umumnya sering juga digunakan sebagai material saat membuat kapal, tabung, karoseri kendaraan, dan masih banyak lagi kegunaan lainnya. Plat Hitam atau Hot rolled plate juga terkadang sering digunakan untuk menjadi bantalan jalan bagi kendaraan berat. Seperti saat berada di dalam situs konstruksi, terkadang seringkali wilayah proyek yang sedang dibangun memiliki akses jalan yang sulit atau terlalu terjal atau ber becek atau berlumpur. Nah, di saat inilah Plat kapal atau Plat Hitam atau Hot rolled plate sangat dibutuhkan sebagai media agar dapat menjadi akses jalan untuk mobilisasi Crane atau Excavator dan beberapa kendaraan lainnya dapat melaju ke lapangan tersebut dengan baik.

Pada setiap baja mempunyai kekuatan tarik terutama pada bangunan kapal. Kekuatan tarik pelat baja pada sebuah kapal terjadi paling besar pada daerah lambung kapal terutama kapal tanker, kontainer dan cargo. Hal ini membuat konstruksi pada bagian dek mengalami penurunan ketebalan untuk mengurangi berat pada kapal. Maka pada kulit bawah dan frame pada bagian midship lebih tebal karena mengalami defleksi yang besar pula.

Kekuatan tarik baja adalah aplikasi penting dalam sebuah bangunan kapal karena sebuah plat baja juga mengalami kelelahan saat proses pengelasan. Selain kekuatan tarik baja perlu diperhatikan juga tingkat korosi dari baja tersebut dan dilakukan pemeriksaan untuk mewaspadai hal tersebut. Baja dengan kekuatan tarik yang lebih tinggi digunakan untuk konstruksi lambung yang telah disetujui oleh pihak badan klasifikasi. Spesifikasi meliputi metode pembuatan, komposisi kimia, perlakuan panas, dan sifat mekanik dari baja tersebut.

Penempaan baja merupakan sebuah metode untuk membentuk sebuah logam dengan memberikan panas pada baja. Pemanasan terhadap baja adalah dengan menaikkan suhu panas, kemudian baja ditempa dengan palu sehingga membentuk bagian yang diinginkan.

Plat baja yang digunakan untuk kapal merupakan baja yang berbeda dengan jenis baja yang ada pada umumnya. Sebagai perbandingan sebuah plat baja untuk kapal mempunyai kandungan campuran selain baja sebagai unsur utama plat. Plat baja kapal mempunyai berbagai campuran unsur kimia diantaranya karbon, fosfor dan sulfur.

Keunggulan Plat Kapal

Kelebihan plat kapal adalah terkandung unsur lain selain baja sebagai unsur utama. Unsur campuran tersebut berpengaruh terhadap laju korosi yang terjadi pada kapal nantinya. Unsur-unsur campuran tersebut tentunya harus menambah kualitas dari plat tersebut.

Plat baja untuk kapal mempunyai kelebihan pada tingkat ketahanan terhadap korosi air laut. Selain mempunyai kekuatan tarik yang lebih bagus, plat baja kapal mempunyai kadar karbon sebagai pelindung dari korosi. Untuk itu plat baja pada kapal dibuat khusus. Adapun tingkat kekerasan atau kekuatan tarik dari plat baja kapal lebih baik dari pada plat baja lainnya.

Untuk sertifikasi plat baja pada kapal melewati tahap pengujian atau serangkaian tes uji material. Hal tersebut tentunya harus mendapat persetujuan dari badan klasifikasi. Uji material pada plat kapal ditujukan untuk mengetahui performa dari material karena plat kapal ketika di laut mengalami beberapa defleksi yang terjadi akibat gesekan antara aliran air laut dengan badan kapal atau plat kapal. Jadi pengujian untuk plat kapal juga berbeda dengan plat yang bukan untuk plat kapal. Setelah dilakukan serangkaian uji material maka sertifikat dikeluarkan untuk mendapat nilai jual yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Sertifikat dibuat atas persetujuan laboratorium uji material dengan badan klasifikasi kapal. Setelah itu pihak galangan selaku pembuat kapal dapat menggunakan plat tersebut sesuai dengan kebutuhan konstruksi kapal.

Nah itulah tadi artikel mengenai Plat Kapal mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Plat Kapal, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.

Incoming search terms:

  • besi plat
  • jenis plat untuk kapal
  • placecck
  • ukuran besi plat