Pipa Besi Galvanis

Boleh jadi, Anda sama sekali tidak asing dengan istilah pipa besi yang satu ini. Pasalnya, pipa besi galvanis memang sudah cukup banyak digunakan dalam berbagai bidang.

Sesuai namanya, pipa besi galvanis telah mengalami proses galvanisasi sebelum dilempar ke pasar. Galvanisasi sendiri adalah sebuah proses pencampuran dengan zat anti karat yang bertujuan untuk menghambat laju korosi objek yang dilapisi.

Dibutuhkan waktu yang lebih banyak dalam proses pengerjaan pipa besi galvanis. Tak hanya itu, akurasi yang dibutuhkan juga lebih tinggi untuk melakukan instalasi jenis pipa yang satu ini. Pemotongan dan penyambungan antara pipa dengan fitting harus presisi. Adapun untuk proses penyambungan, Anda akan membutuhkan metode drat dengan menggunakan alat senai di setiap ujung pipa.

Pipa Galvanis untuk Konstruksi Bangunan

Spesifikasi Pipa Baja Galvanis

Dalam pembuatan pipa baja galvanis, dibutuhkan baja karbon rendah dengan lapisan galvanis yang mengandung berbagai jenis unsur di dalamnya. Unsur karbon yang terdapat pada pipa ini sebesar 0.091%, cukup rendah jika dibandingkan dengan unsur seng (Zn) sebesar 99,7%. Prosesnya memerlukan bahan baja yang ditempatkan dalam wadah berisi lelehan seng – seperti mencelupkan ke dalam cairan – yang disebut dengan proses galvanisasi.Selain untuk mencegah korosi, lapisan seng di bagian luar pipa juga bisa memperpanjang usia tabung di dalamnya. Karena unsur utama dari pipa galvanis adalah seng, jenis pipa yang satu ini disarankan untuk diaplikasikan untuk instalasi air dingin saja. Menggunakannya sebagai saluran pipa air panas dirasa kurang tepat.

Pemilihan material pipa memang cukup membingungkan, apalagi jika Anda tidak tahu jelas apa fungsi dan kegunaannya. Pipa baja galvanis adalah sejenis pipa yang dibuat dari besi dan dilapisi oleh pelindung terbuat dari bahan seng. Lapisan tersebut ditujukan untuk melindungi baja dari korosi sehingga penggunaannya lebih awet.

Tabel Jenis dan Berat

Ini adalah tabel jenis, berat dari Besi Pipa yang tersebar di pasar indonesia sebagai berikut :

Nah Gimana ? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing besi Pipa yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan besi Pipa tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Besi Pipa dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Kegunaan Pipa Galvanis

Pipa besi galvanis merupakan sebuah pipa besi yang dilapisi oleh seng sehingga melindungi besi dari korosi. Lapisan ini pula yang membuat pipa besi galvanis lebih banyak digunakan sebagai bahan konstruksi di luar ruangan seperti pagar chain link. Namun dalam penerapannya, pipa ini juga cukup banyak digunakan untuk kebutuhan interior.

Pipa ini juga tidak cocok jika digunakan untuk mengalirkan air panas. Pasalnya, suhu yang panas akan membuat seng mengelupas dan justru menimbulkan penyumbatan pada pipa. Namun jika digunakan hanya untuk mengalirkan air dingin, pipa ini sangat direkomendasikan.

Yang perlu diingat, pipa besi galvanis sangat tidak cocok untuk digunakan sebagai jalur gas. Kendati demikian, pipa ini sangat lazim digunakan sebagai keseluruhan instalasi jalur perpipaan di rumah hingga akhir tahun 1900-an. Pada periode itu ditemukan bahwa skala penumpukan kapur yang terjadi di dalam pipa besi galvanis lebih cepat terjadi dibandingkan penumpukan kapur yang terjadi di pipa tembaga atau plastik.

Pipa ini juga banyak digunakan sebagai tiang untuk lampu taman di perkotaan yang biasa Anda lihat. Tujuannya tidak lain adalah sebagai pelindung media penghantar yang ada di dalam pipa sekaligus meminimalisasi terjadinya gangguan mekanik pada penghantar listrik.

Pipa baja galvanis banyak digunakan sebagai pipa pembagi atau distribusi. Di era modern ini, jenis pipa galvanis kerap dimanfaatkan sebagai aplikasi luar ruangan terutama untuk pegangan tangan, tiang listrik, atau saluran air. Perlu diketahui bahwa pipa galvanis tidak cocok untuk menyalurkan gas.

Selain fungsi di atas, berikut adalah beberapa kegunaan aplikasi pipa baja galvanis dalam berbagai industri :

  • Konstruksi pada Perumahan

Jika Anda berpikir pipa galvanis hanya cocok untuk sarana penyaluran, coba pikir lagi. Saat ini banyak sektor konstruksi perumahan yang menggunakan pipa galvanis sebagai pagar rumah atau pegangan tangan pada tangga. Kegunaan ini banyak diminati masyarakat karena sifat galvanis yang tahan karat dan lebih awet.Pagar yang dipasang menggunakan pipa galvanis cenderung mudah dalam perawatannya. Jika terjadi kerusakan, Anda bisa dengan mudah menemukan dan menggantinya.

  • Sistem Saluran

Air di Rumah atau Bangunan Lainnya, Berkat lapisan seng yang ada di dalam tabung, menggunakan pipa baja galvanis untuk saluran air tidak akan membuatnya cepat berkarat. Seng adalah sebuah unsur logam yang tahan korosi, sehingga cocok untuk aplikasi semacam ini. Namun demikian, penggunaannya tidak disarankan untuk saluran air panas atau gas, karena bisa menyebabkan lapisan seng di dalamnya mengelupas dan membuat pipa tersumbat.

  • Pembuatan Knalpot

Selain untuk industri konstruksi, pipa baja galvanis juga dimanfaatkan dalam industri otomotif. Seringkali, jenis pipa ini dimanfaatkan dalam pembuatan knalpot serta rangka kendaraan.Pemasangan pipa galvanis untuk otomotif bisa dilakukan dengan mengaplikasikan lem pada ujung ulir pipa, dan menyambungnya dengan metode pengelasan.

  • Pemasangan Listrik

Penggunaan pipa baja galvanis untuk instalasi listrik semakin populer, karena bisa meminimalisasi gangguan pada penghantar listrik. Selain itu, proses pemasangan dan pembongkaran bisa dilakukan lebih mudah. Sebaiknya, pemasangan listrik dilakukan di permukaan tanah.

Tipe Pipa Baja Galvanis

Jika Anda berpikir semua pipa galvanis itu sama, coba pikir lagi. Produksi pipa baja galvanis disesuaikan dengan berbagai ukuran dan ketebalan dindingnya untuk berbagai penggunaan yang berbeda. Standarnya, ukuran panjang pipa galvanis adalah 6 meter.

Untuk bentuk, galvanis juga memiliki tipe berbeda. Ada bentuk pipa biasa, tabung, plat lembaran, bentuk U, H, C, kotak, dan sebagainya. Sebelum memilih ukuran dan tipe pipa, sebaiknya Anda melakukan survei terlebih dahulu.

Seringkali, pipa baja galvanis disebut sebagai GIP (Galvanized Iron Pipe) atau GI (Galvanized Iron). Dalam penjelasan berikut ini, Anda akan melihat beberapa jenis yang menjadi spesifikasi pipa galvanis selain ukuran panjang dan diameternya.

Saat ini, salah satu jenis pipa baja galvanis yang paling populer adalah tipe standar dan sch 40. Perbedaan keduanya terletak pada ketebalan konstruksi pipa; tipe sch 40 tingkat ketebalannya lebih tinggi dan sering digunakan untuk pembuluh pipa yang tolakannya juga tinggi.

Keunggulan Pipa Baja Galvanis

Banyaknya pemanfaatan pipa baja galvanis bukannya tanpa alasan. Jenis pipa ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan pipa lainnya yang membawa keuntungan tersendiri bagi Anda.

Apa saja kelebihan pipa baja galvanis?

  • Harganya Murah

Jika dibandingkan dengan jenis pipa lainnya, galvanis memiliki harga yang cenderung lebih rendah. Mengapa demikian? Hal itu terjadi karena proses galvanisasi yang dilakukan menghabiskan biaya murah ketimbang metode pelapisan lainnya.

  • Tahan Lama

Dengan sifatnya yang anti karat, pipa baja galvanis cenderung tahan lama dan awet. Diperkirakan, pipa jenis ini mampu bertahan sampai 25 tahun (di area perkotaan) sampai 50 tahun (di area minim polusi).

  • Anti Karat dan Hemat

Lapisan seng dalam permukaan pipa serta bagian dalam tabung membuat pipa baja galvanis anti karat. Dengan fitur tersebut, biaya perawatannya pun semakin hemat karena Anda tidak perlu menggantinya dalam jangka waktu yang cukup lama.

  • Tahan Banting

Konstruksi baja yang kuat membuat pipa galvanis antipecah dan sulit untuk dihancurkan. Selain itu, baja juga memiliki permukaan yang kuat dan membuatnya tahan lama.

Nah itulah tadi artikel mengenai Besi Pipa galvanis mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Besi Pipa galvanis, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.