Mari Kenali Besi Nako Lebih Jauh

Besi Nako atau yang sering disebut square bar adalah besi berbentuk kotak yang biasanya digunakan untuk teralis jendela. Selain untuk teralis jendela, besi nako juga sering digunakan untuk jendela kaca. Jenis besi nako pun bermacam-macam, ada besi nako emboss, nako biasa, nako giles, dan nako ulir. Besi nako ini juga merupakan jenis besi yang sering digunakan. Selain memiliki berbagai jenis, besi nako ternyata juga tersedia dalam berbagai ukuran. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan ukuran yang dibutuhkan. 

Besi Nako untuk Konstruksi Bangunan

Nako besi baja, merupakan sebuah batangan besi baja yang punya bentuk kotak dengan panjang yang bervariasi berdasarkan standar pasar. Biasanya, besi nako dimanfaatkan sebagai bahan untuk pemasangan teralis jendela untuk keamanan. Di samping itu, jika Anda familier dengan bentuk jendela berbentuk slot yang bisa dibuka dan ditutup dengan tuas, Anda sebenarnya juga bisa menemukan besi nako sebagai salah satu material utama konfigurasi jendela tersebut.

Tabel Berat dan Jenis

Ini adalah tabel jenis, berat dari Besi Nako yang tersebar di pasar indonesia sebagai berikut :

# Produk Berat
1 NAKO 16 12,4 X 4 ULIR 4,55 Kg
2 NAKO 12 9 X 4,0 Polos 2,22 Kg
3 NAKO 16 14,5 X 5,8 Polos 9,10 Kg
4 NAKO 16 14,5 X 5,8 Ulir 9.10 Kg
5 NAKO 12 11 X 5,8POLOS 4.60 Kg

Nah itulah Jenis, Ukuran dan Beratnya, Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda.

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Penggunaan naco besi baja sebenarnya sama sekali bukan hal yang baru. Hanya saja, nama besi nako akhir-akhir ini kembali mencuat dan populer, terutama seiring dengan popularitas gaya desain modern dan minimalis.

Sebagai contoh, besi nako polos memang diproduksi tanpa ada tambahan detail atau motif apapun pada masing-masing sisinya karena itulah namanya adalah besi nako polos. Sementara itu, nako ulir punya detail yang berbentuk uliran yang menyambung, dan nako emboss juga memiliki motif yang ditambahkan pada masing-masing sisinya. Untuk besi nako gilas, Anda bisa menemukan adanya tonjolan-tonjolan yang seragam pada masing-masing bilahnya. Selain detail tersebut, besi nako gilas sebenarnya memiliki bentuk yang serupa dengan besi nako polos, yaitu bentuk yang kotak.

Ukuran Besi Nako

Ukuran besi nako yang dapat Anda temukan di pasaran sangat bervariasi, dengan ketebalan yang umumnya berkisar antara 6 sampai 16 mm. Sementara untuk panjangnya, besi nako biasanya dijual dengan panjang yang berkisar antara 3 sampai 5 meter. Meski demikian, pilihan panjang naco besi baja yang bisa Anda peroleh sebenarnya bisa dibilang tak terbatas. Pasalnya, Anda juga bisa memesan besi nako dengan panjang yang sesuai dengan permintaan khusus Anda.

Pengaplikasian Besi Nako

Pengaplikasian nako besi baja, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, banyak ditemukan dalam produksi dan desain jendela, terutama jendela minimalis. Meski demikian, besi nako sebenarnya dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam konstruksi dan desain, misalnya untuk membuat aksesoris pada pintu, pagar, dekorasi rumah, mebel, dan sebagainya. Kemudian, Anda bisa bebas memilih jenis besi nako sesuai dengan kebutuhan maupun selera pribadi Anda, apakah itu nako ulir, polos, emboss, atau gilas.

Secara garis besar, besi nako alias besi kotak ini bisa dikelompokkan ke dalam empat jenis: nako polos, nako emboss, nako ulir, dan nako gilas. Pengelompokan tersebut dibuat berdasarkan detail yang ditambahkan pada besi nako sehingga tampilannya berbeda antara satu jenis dengan jenis yang lainnya. 

Berikut adalah penjelasan serta fungsi dari jenis jenis besi Nako :

  • Besi Nako Kotak atau Biasa

Besi nako kotak pada dasarnya lebih sering dijadikan sebagai teralis jendela. Bentuknya yang kotak biasanya memberi kesan minimalis namun elegan pada rumah. Untuk membuatnya lebih menarik, besi nako ini biasanya diwarnai dengan cat yang sesuai dengan warna rumah.

  • Besi Nako Ulir

Besi nako ulir umumnya memiliki bentuk bulat dan memiliki ulir. Besi nako ulir memiliki bentuk yang berbeda dari besi nako lainnya. Tak hanya itu, besi ulir juga sering dibuat dari nako biasa. Namun, ini tentunya akan memakan proses yang lebih lama. Jadi, banyak para konsumen yang lebih sering membelinya langsung di toko besi. Selain lebih rapi, harganya pun akan jauh lebih terjangkau.

  • Besi Nako Giles

Nako giles juga memiliki bentuk seperti nako kotak. Namun, nako giles umumnya memiliki motif tonjolan kotak. Besi nako jenis ini biasanya digunakan untuk model rumah dengan konsep sederhana dan elegan. Nako giles lebih sering digunakan untuk teralis jendela untuk rumah modern. Jika ingin menambahkan cat pada besi nako ini, sebaiknya gunakanlah cat tembaga bukan cat polos biasa. Pasalnya, selain memberikan hasil akhir yang lebih bagus, cat tembaga juga membuat besi akan lebih awet tahan lama.

  • Besi Nako Emboss

Besi nako emboss biasanya berbentuk kotak dan memiliki ukuran diameter mulai dari 6mm hingga 16 mm. Panjang nako emboss pun bermacam-macam mulai dari 3 meter hingga 5 meter untuk setiap batangnya. Biasanya, nako emboss digunakan untuk membuat pagar ataupun railing balkon. Agar hasil akhirnya bagus, nako emboss biasanya akan dipoles dengan cat yang sesuai dengan keinginan konsumen atau pekerja proyek. Agar besi lebih tahan lama, Anda mungkin bisa diskusikan kepada penjual mengenai cat yang baik diaplikasikan untuk jenis nako emboss.

Itulah keempat jenis besi nako yang sering digunakan untuk proyek bangunan. Besi nako yang berbentuk kotak ini umumnya berbeda dari besi hollow yang berongga. Besi nako juga umumnya lebih padat, sehingga lebih kuat jika digunakan untuk dekorasi rumah, seperti pintu pagar, tralis, mebel, dan lainnya. Dari keempat jenis tersebut, besi nako emboss merupakan besi yang cocok untuk diaplikasikan pada bangunan. Saat memilih besi nako, pastikan Anda cek kualitasnya mulai dari ketebalan, diameter, harga, dan hal lainnya. Hal ini penting agar Anda tidak mendapatkan besi yang cacat.

Nah itulah tadi artikel mengenai besi Nako mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari besi Nako, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.