Besi INP

Apa Itu Besi INP?

Besi Profil I atau disebut juga INP (I Beam) berbentuk sesuai dengan namanya yaitu mirip hurup ‘I’ namun pada struktur dan dimensi hampir mirip dengan besi profil WF .Perbedaannya pada ukuran dimensi WF kupingnya lebih lebar sedangkan INP/Besi Balk mempunyai ukuran yang lebih kecil. Besi INP biasa digunakan untuk bahan konstruksi seperti aplikasi pada rel dan lain lain.

Kanal besi INP memiliki bentuk mirip dengan huruf “I”, sesuai dengan namanya. Jenis besi ini juga dikenal dengan nama baja profil I atau I-Beam. Struktur dan dimensi kanal besi INP hampir mirip dengan WF-Beam. Perbedaannya antara WF-Beam dan INP adalah ukuran tingginya, INP cenderung lebih tinggi dan memiliki kaki-kaki yang lebih pendek.

Tabel Jenis dan Berat

Ini adalah tabel jenis, berat dari Besi INP yang tersebar di pasar indonesia sebagai berikut :

# Produk Berat
1 INP100 X 6 38 Kg

Nah itulah Jenis, Ukuran dan Beratnya, Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda.

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Sifat Mekanis Struktur Baja INP

Pada saat regangan awal, dimana baja INP tidak berubah bentuk dan menyebabkan regangan pada saat beban regangan tadi dilepas, baja INP akan kembali ke bentuk aslinya. Regangan ini disebut regangan elastis karena sifat bahan masih elastis. Perbandingan antara tegangan dengan regangan dalam keadaan elastis disebut “Modulus Elastisitas / Young Modulus”. Ada 3 jenis tekanan yang terjadi pada baja INP, yaitu : Sifat Mekanis Struktur Baja INP dari suatu material adalah kemampuan bahan-bahan tersebut untuk memberikan perlawanan ketika diberi beban pada bahan tersebut. Atau dapat kita katakan adalah sifat mekanik bahan dalam kekuatan untuk menanggung beban yang datang dari luar. Sifat penting dari baja INP adalah kekuatan tarik.

  • Tegangan leleh, dimana baja mulai rusak/leleh
  • Tegangan plastis, tegangan maksimum baja, dimana baja mencapai kekuatan maksimum; dan
  • Tegangan, dimana baja masih dalam keadaan elastis;

Kekerasan Baja adalah resistensi dari baja dengan jumlah kekuatan yang dapat menembus permukaan baja. Ketangguhan baja adalah hubungan antara jumlah energi yang dapat diserap oleh baja sampai baja tersebut putus.

Baja memiliki kekuatan tinggi dan kuat pada kekuatan tarik yang sama serta pers dan oleh karena itu baja adalah elemen struktur yang memiliki batasan yang sempurna akan menahan jenis beban tarik aksial, tekan aksial, dan lentur dengan fasilitas serupa. Semua bagian dari konstruksi baja dapat dibuat di bengkel, sehingga satu-satunya kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan instalasi lapangan adalah bagian konstruksi yang telah disusun. Sifat baja yang dapat mengalami deformasi yang besar di bawah pengaruh tegangan tarik yang tinggi tanpa hancur atau rusak disebut daktilitas properti. 

Untuk insinyur sipil, konstruksi baja yang dirancang untuk dapat menjamin keamanan kemungkinan bahwa berkelanjutan yang berlebihan (overload) sehingga bisa membahayakan bangunan dalam jangka panjang. Selain itu, juga perlu diperhitungkan kemungkinan daya tahan atau kekuatan lebih rendah Iranian perhitungan di atas kertas (under strength). Secara umum, masalah ‘salah perhitungan’ ini terjadi pada batang, menghubungkan atau sistem konstruksi itu sendiri.

Bangunan dibuat dengan konstruksi baja umumnya memiliki daya tahan dan kekuatan yang cukup besar. Biasanya dalam membuat desain yang menggunakan baja mengacu pada American Institute of Steel Construction (AISC) sebagai filosofi manufaktur dan didasarkan pada ambang batas (limited sates). Desain konstruksi harus mampu menahan kelebihan dalam hal perubahan fungsi struktur principle disebabkan oleh penyederhanaan yang berlebihan dalam analisis struktur dan variasi dalam prosedur konstruksi.

Untuk menghindari kesalahan dalam perhitungan konstruksi baja, ahli bangunan atau orang-orang yang mendirikan rumah dan bangunan telah menghitung volume material sebelum strukturnya, khususnya komponen penting yang membuat itu sebagai kolom, balok, purlins , piring bahan, trekstang, ikatan angin (bracing), jarum keras (turnbuckle), baut, rangka besi datar dan sudut talang. Sementara komponen lain di luar pokok adalah tie beam / sloof dan diperkuat pelat lantai beton.

Kelebihan Baja INP

Diantara kelebihan Struktur Baja INP yaitu :

  • Relatif lebih cepat dan murah (namun tidak selalu) untuk dikonstruksi/dibangun karena:
  • Dapat meminimalisir bahkan meniadakan penggunaan, pekerjaan, dan biaya bekisting (formwork) di lapangan;
  • Tidak ada curing time seperti halnya pada pekerjaan beton bertulang cast-in-situ
  • Kualitas relatif lebih terjamin karena quality control relatif lebih mudah dilakukan di pabrik dibandingkan di lapangan;
  • Dimensi yang diperlukan relatif lebih kecil sehingga dapat menghemat space dan lebih ringan;

Nah itulah tadi artikel mengenai Besi INP mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Besi INP, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.