Mengenali Besi Hollow Galvanis

Apa Galvanis Itu?

Galvanization (atau galvanisasi) adalah proses penerapan protective zinc coating pada baja atau besi, untuk mencegah berkarat. Istilah ini berasal dari nama ilmuwan Italia Luigi Galvani. Meskipun galvanisasi dapat dilakukan dengan elektrokimia dan proses elektrodeposisi, metode yang paling umum digunakan saat ini adalah hot-dip galvanisasi, bahan baja direndam didalam bak zinc cair (molten zinc). Sedangkan disini lebih dikenal dua teknik dasar dalam pelapisan anti-karat pada besi yaitu Galvanis atau Galvanized atau Galvalume. Untuk Galvalum finishingnya terdiri dari: 55% unsur coatingnya adalah aluminium, 43,5% adalah unsur seng/zinc dan 1,5% unsur silikon. Teknik Kedua disebut Zincalume. Zincalume pelapisannya terdiri dari: 98% unsur coatingnya adalah seng/zinc dan 2% adalah unsur alumunium. Zincalume sering dipakai untuk pelapisan besi atau baja ringan dengan berat per batangnya kurang dari 5kg.

Secara kasat mata apa beda antara galvanis dan zincalume? Galvanis dapat dikenali dengan warnanya yang silver atau bronze namun tidak mengkilap atau doff. Warna ini disebut juga dull silver. Sedangkan zincalume karena kandungan zinc-nya tinggi, maka akan berwarna silver mengkilap atau glossy silver. Meski tentunya tingkat kilapnya masih dibawah stainless steel.

Ini adalah tabel jenis, berat dari Besi Hollow yang tersebar di pasar indonesia

sebagai berikut :

Nah Bagaimana? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Besi Hollow yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Besi Hollow tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Besi Hollow dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Bahan Galvanis

Galvanis punya tingkat ketebalan beragam. Mulai dari 1 micron (seperseribu milimeter) sampai 9 micron bahkan lebih. Untuk ketebalan 1 mikron biasanya produsen memberi jaminan 3 tahun anti karat (3 years rustfree) dan untuk ketebalan 7 micron produsen bisa memberi jaminan hingga 30 tahun. Sedang proses galvanis ada dua macam. Pertama adalah electroplating atau UCP Galvanis. Proses ini dengan cara memberi aliran listrik dalam kolam galvanis. Sehingga partikel galvanis menempel pada besi sampai ketebalan yang diinginkan.

Sedang proses kedua adalah hot-dip galvanis (hot dipped galvanized), yaitu dengan mencelupkan besi ke dalam kolam galvanis panas. Semakin sering dicelup semakin tebal lapisan galvanisnya. Selain pelapisan logam, untuk proses anti karat dikenal juga pengecatan dengan cat zinc chromate. Cat zincromat dipakai pada industri kapal dan konstruksi yang bersentuhan dengan air. Ketahanan zincromat dengan 2 kali aplikasi bisa sampai 2 tahun

Kegunaan besi hollow

Saat ini ini proyek proyek pembangunan ataupun konstruksi yang ada pastinya semakin marak. Pasti saja hal ini pun juga memotivasi adanya permintaan terhadap bahan yang juga makin melejit. Kemajuan yang ada sekarang menunjukkan bahwa seorang arsitek dan juga pengembang tidak cuma terpatok oleh ketahanan strukturnya saja namun juga melainkan pada faktor estetika yang diciptakan. Nah, pada setiap proyek baik itu proyek residensial maupun proyek komersial ada salah satu hal yang cukup penting atau bahkan wajib jadi perhatian penting. Hal yang dimaksud tersebut adalah rangka plafon karena pada dasarnya rangka ini adalah merupakan konstruksi penopang plafon. Oleh karena itu, karena manfaat utamanya untuk penopang maka kriteria utamanya pun juga harus kokoh serta memiliki nilai keindahan. Diketahui bahwa salah satu material yang sekarang ini|kini} banyak dimanfaatkan beberapa kontraktor dan pengembang untuk rangka plafon ialah besi hollow. Ada banyak fungsi besi hollow yang berbentuk kotak ini. Bagi Anda yang ingin tahu tentang kegunaan besi hollow kotak tersebut maka bisa menyimak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mungkin bagi sebagian orang menganggap bahwa istilah besi hollow ini terasa asing dan bahkan sulit untuk dimengerti. Tapi, ternyata besi hollow ini merupakan besi yang karakternya pipa kotak. Secara umum besi hollow ini terbuat dari besi galvanis dan galvalum. Mulanya bahan baku yang dipakai dalam pembuatan besi hollow ini terbuat dari kombinasi zinc dan juga alumunium yang telah sering dipakai di negara negara maju. Material tersebut banyak dipakai karena kemampuannya yang tahan kepada karat serta termasuk ke dalam reflektor panas yang cukup bagus. Ternyata ada banyak fungsi besi hollow kotak ini terlebih jika Anda memesannya di Toko MEGA BAJA sebab besi hollow tersebut punya kualitas yang bagus. Oleh karena itu, banyak orang yang kini mulai memanfaatkan dan semakin minat terhadap besi hollow ini. Beberapa kelebihan yang dimiliki besi hollow ini antara lain seperti tahan api, anti karat, anti rayap, harganya yang cukup terjangkau, serta proses pemasangannya yang cepat.

Pemasangan besi hollow ini memang cenderung lebih cepat karena untuk bisa memasangnya tidak butuh keahlian bahkan skill yang terlalu tinggi. Pemasangan yang lebih cepat ini pastinya akan dapat menghemat biaya tenaga kerja khususnya untuk pemasangan. Tak hanya itu saja karena harga dari besi hollow ini pun juga lebih terjangkau sampai akan dapat mengurangi biaya konstruksi. Fungsi besi hollow kotak ini pun ada banyak selain untuk rangka plafon tetapi juga banyak dimanfaatkan untuk rangka dinding partisi sehingga konstruksi yang memakai besi hollow ini akan jadi tahan api, binatang pengerat, anti rayap, dan juga terbebas dari karat bahkan korosi sebab adanya perubahan cuaca maupun terkena air hujan yang karakternya asam. Tak hanya itu saja karena besi hollow ini pun memiliki nilai yang cukup baik sebab bahannya yang memang pas dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang dan sangat kukuh.

Memilih besi hollow untuk suatu konstruksi bangunan bukan lah menjadi hal yang mudah dan pastinya membutuhkan ketelitian yang bagus supaya nantinya aman dan nyaman untuk penghuni rumah tersebut. Setelah mengetahui kegunaan besi hollow kotak yang sudah dijelaskan di atas tadi maka tak ada alasan untuk Anda untuk nggak memanfaatkan besi hollow tersebut untuk penopang plafon yang kuat dan kokoh.

Kelebihan Besi Hollow Galvanis

Berikut ini ada beberapa kelebihan besi hollow untuk konstruksi, yakni :

  • Tahan lama

Pipa galvanis memang bersifat anti karat sehingga membuat pipa jenis ini cenderung bisa bertahan lebih lama dan tentunya awet. Selain itu, pipa baja ini juga diperkirakan dapat bertahan hingga 50 tahun jika diletakan pada area yang minim polusi dan 25 tahun jika diletakkan pada area perkotaan.

  • Tahan banting

Material yang digunakan untuk pembuatan pipa galvanis ini memang sangat kuat karena bersifat anti pecah dan juga sulit untuk dihancurkan. Tidak hanya itu saja, dengan adanya material baja ini dapat membuat permukaan pipa menjadi cukup kuat dan tahan lama (tidak mudah rusak).

  • Harga murah

Pada dasarnya pipa galvanis ini memang mempunyai harga yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis pipa lainnya. hal ini disebabkan proses pembuatan pipa baja galvanis tidak membutuhkan biaya yang mahal atau bisa dikatakan murah untuk metode pelapisannya.

Nah itulah tadi artikel mengenai Besi Hollow Galvanis mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Besi Hollow Galvanis, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.

Incoming search terms:

  • bisakah baja ringan bertahan 50 tahun
  • tabel berat besi hollow galvanis