Baja Ringan Hollow Partisi Yang ada di Indonesia

Apakah Anda memiliki ruangan yang terlalu besar dan ingin mendekatinya jadi dua ruangan? Membangun tembok untuk membagi ruangan tentunya membutuhkan waktu yang lama dan banyak biaya. Saat ini, banyak orang lebih memilih cara yang praktis dan cepat selesai, termasuk juga dalam pemasangan rangka partisi. Material yang banyak dipilih oleh masyarakat yaitu dengan menggunakan rangka baja ringan. Untuk membangun partisi, material yang dibutuhkan yaitu metal stud, u runner, gypsum atau kalsiboard, baut dan lainnya.

Baja Ringan Hollo Partisi untuk Konstuksi Bangunan

Baja ringan hollow merupakan jenis material yang tidak utuh sebab berlubang di bagian tengah. Hal ini menjadikan kekuatan nya tidak terlalu kuat, apalagi jika perakitannya tidak sesuai maka kekuatan rangka hollow bisa berkurang. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan tahap merangkai atau merakit baja ringan hollow dengan tepat, terutama dalam pembuatan rangka partisi maupun rangka plafon. Baja ringan hollow sendiri ada dua jenisnya yaitu hollow galvalum dan hollow galvanis. Hollow galvalum dibuat dengan menggunakan jenis lapisan atau coating galvalum. Komposisi yang terkandung pada lapisan galvalum yaitu 55%aluminium, 43.5% zinc dan 1.5% silicon. Sedangkan hollow galvanis dibuat dengan menggunakan lapisan galvanis yang memiliki komposisi 98% zinc dan 2% aluminium.

Ini adalah tabel jenis, berat, dari baja ringan hollow partisi :

# Produk Berat
1 Hollo Partisi Galvanis 16 x 32 x 4 x 0,20 mm 0,70 Kg
2 Hollo Partisi Galvanis 32 x 32 x 4 x 0,20 mm 0,90 Kg
3 Hollo Partisi Galvalum 16 x 32 x 4 x 0,20 mm 0,80 s.d. 0.60 Kg
4 Hollo Partisi Galvalum 32 x 32 x 4 x 0,20 mm 1,00 Kg

Nah itulah Jenis, Ukuran dan Beratnya, Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda.

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Berikut adalah beberapa jenis baja ringan Hollow yang tersebar di indonesia :

Itulah tadi beberapa jenis Baja Ringan Hollo yang tersedia di kami dan di pasaran. Tentunya dengan kualitas yang sudah SNI.

Kegunaan membangun partisi ruangan, selain sebagai penyekat ruangan juga dapat membuat tampilan rumah terlihat lebih cantik sebagai interior rumah. Metal stud merupakan salah satu rangka baja ringan yang dipakai sebagai rangka partisi. Apa kelebihan rangka baja partisi metal stud jika dibandingkan dengan material konvensional seperti kayu atau batu-bata? Berikut beberapa kelebihannya.

Kelebihan Baja Ringan Hollow

  1. Lebih mudah dalam pemasangan

Baja Ringan ini memiliki sifat ringan sehingga tukang lebih mudah dalam proses pengerjaannya karena gampang dibawa kemana-mana. Apalagi material ini memang didesain untuk mempermudah tukang dalam proses pemasangannya. Untuk membangun rangka baja partisi, metal stud lebih praktis dipasang sehingga mempercepat pekerjaan pasang rangka partisi.

  1. Bersifat tahan api

Baja Ringan ini merupakan material partisi yang terbuat dari bahan dasar baja. Hal ini menjadikannya bersifat tahan api. Ketahanannya terhadap api kurang lebih sekitar 2 jam. Sehingga apabila ada hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran, maka rangka baja partisi lebih kuat dan tahan lama. Anda akan merasa lebih aman dan nyaman dari resiko kebakaran. Berbeda dengan material partisi konvensional yang berbahan dasar kayu dan sangat mudah terbakar dalam waktu cepat.

  1. Bersifat anti karat dan anti rayap

Baja Ringan ini terbuat dari baja dengan lapisan galvalum, dimana komposisi galvalum terdiri dari 55% aluminium, 42-44% zinc dan 1-5% silicon. Adanya lapisan galvalum ini menjadikan bahan galvalum bersifat anti karat sehingga rangka baja partisi Anda lebih aman dan tahan lama. Apalagi sudah pasti bersifat anti rayap sehingga tidak akan keropos.

  1. Biaya lebih hemat

Harga baja ringan, lebih hemat di kantong jika dibandingkan material kayu. Hal ini tentu lebih menguntungkan orang-orang yang sedang membangun rumah ataupun para developer yang membangun misalnya pada proses pemasangan rangka baja partisi.

  1. Bersifat kuat dan juga ringan

Baja Ringan ini bersifat ringan sehingga lebih mudah dan cepat dalam proses pemasangan, berbeda dengan material kayu yang memiliki bobot lebih berat. Meski begitu, Bahan galvalum yang berkualitas memiliki daya tarik hingga 550 MPa. Dengan kekuatan daya tarik tersebut, menjadikan baja ringan sebagai rangka baja partisi mampu menopang gypsum.

Kekurangan Baja Ringan Hollow Partisi

  1. Membutuhkan keahlian dalam pemasangannya

Walaupun pemasangan rangka galvanis terbilang cepat namun membutuhkan keahlian khusus untuk memasangnya. Tidak semua orang familiar dan mampu memasang atap rangka galvanis. Diperlukan tenaga kerja yang benar-benar mengerti dalam pengerjaan rangka ini. Salah sedikit saja maka akan berakibat pada tidak kokohnya rangka yang dipasang. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan resiko dan bahaya.

  1. Cenderung lebih cepat panas

Salah satu kelemahan lainnya dari rangka galvanis adalah cenderung cepat panas. Dalam pemakaian rangka jenis ini, terutama ketika digunakan sebagai rangka atap akan lebih cepat panas saat matahari terik di siang hari. Hal ini tentunya akan mempengaruhi suhu di dalam ruangan atau rumah Anda. Berbeda dengan rangka kayu yang cenderung menyerap panas dan tidak menyebabkan suhu ruangan meningkat.

Fungsi Baja Ringan Hollow Partisi

Material baja Hollow digunakan untuk rangka atap dalam pembuatan sebuah partisi sistem maupun sebagai sebagai rangka plafon yang biasa disebut dengan Rangka Hollow.

Rangka Hollow biasanya digunakan pada sebuah bentuk partisi atau biasa disebut dengan sekat dan juga dapat dijadikan pembuatan rangka plafon. Penggunaan baja hollow rangka atap dikarenakan kemudahannya dalam memasang  yang sangat efektif dan bisa dibilang lebih efisien, karena dengan pemasangannya yang bisa di bilang cepat membuat baja hollow ini lebih banyak digunakan terutama sebagai rangka atap, dinding partisi, serta rangka plafon dari sebuah rumah.

Baja hollow  digambarkan berbentuk pipa panjang berongga dengan penampang berbentuk segi empat sehingga sering juga disebut dengan ‘pipa kotak’. Baja hollow sebenarnya bernama hollow structural section. Kadang banyak orang salah kaprah menyebut dengan hollow structural steel. Baja hollow ini memiliki kegunaan yang cukup banyak, bahkan dapat digunakan sebagai bahan utama dalam pemasangan panel gypsum maupun panel GRC.

Baja Ringan hollow yang kokoh sudah banyak digunakan sebagai material untuk menggantikan rangka kayu karena lebih kokoh dan kualitasnya homogen karena diproduksi di pabrik. Saat ini ada banyak macam-macam besi hollow sesuai dengan ukuran serta lapisan coating-nya. Selain itu, material ini juga tahan terhadap serangan rayap, tahan serangan binatang pengerat, serta lebih tahan api. 

Oleh karena itu, baja ringan hollow lebih awet dan tahan lama dibandingkan kayu yang sering juga dipakai sebagai material untuk rangka plafon maupun dinding. Tidak hanya digunakan pada area indoor, baja ringan hollow juga banyak digunakan sebagai material bangunan untuk area outdoor. Baja Ringan hollow dapat dipakai sebagai material untuk membuat kanopi carport, pintu pagar, hingga teralis modern rumah. Material ini semakin populer seiring dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap rumah minimalis karena sesuai dengan konsep rumah-rumah minimalis.

Macam-macam besi hollow biasanya ditentukan oleh jenis coating yang digunakan untuk melapisi besi. Jenis coating yang dipakai juga menentukan harga jual pasaran dari baja hollow tersebut. Coating yang baik akan melindungi hollow dari korosi serta karat akibat terpaan panas maupun pengaruh kelembaban.

Nah untuk mendapatkan Baja Ringan Hollow Partisi  dengan standar SNI bisa langsung menghubungi marketing kami Dunia Baja Komsen yang sudah kami sertakan No Telpon, Whatsapp dan email di Button samping maupun di paling bawah website ini.