Baja Ringan Hollow Partisi Galvanis

Baja Ringan hollow galvanis memiliki lapisan finishing dengan komposisi 97% zinc serta 1% aluminium dan 2% lainnya merupakan bahan-bahan lain. Sumber-sumber lain juga ada yang menyebutkan bahwa komposisi lapisan coating dari besi hollow galvanis adalah 98% zinc dan 2% aluminium.

Baja Ringan hollow galvanis dibentuk oleh proses galvanisasi, yaitu pemberian lapisan seng sebagai lapisan anti karat pada besi. Galvanisasi dapat dilakukan dengan cara mencelupkan pipa besi ke dalam cairan timah sehingga lapisan seng menempel pada besi. Lapisan seng melindungi besi dari polutan penyebab karat hingga habis “dimakan” oleh polutan-polutan penyebab karat tersebut. Setelah lapisan seng habis, baru besi akan berkarat.

Baja Ringan Hollo Partisi yang digunakan untuk Knstruksi Bangunan

Baja ringan merupakan jenis material bangunan yang sedang populer dipakai untuk membangun hunian modern. Jenis produk baja ringan ada banyak ragamnya seperti kanal, reng, spandek dan juga hollow yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Salah satu jenis baja ringan yang banyak dimanfaatkan sebagai rangka partisi adalah baja ringan hollow. Baja ringan hollow merupakan jenis material yang memiliki kekosongan pada bagian tengahnya atau berlubang di bagian tengah. Hal ini menjadikan baja ringan hollow lebih mudah dirangkai dan dibentuk menjadi sebuah rangka. Selain diaplikasikan sebagai rangka partisi, baja ringan hollow juga dimanfaatkan untuk membuat rangka plavon. Penggunaan baja ringan hollow sebagai dasar pembuatan partisi ataupun plafon disebut efisien dan tepat sasaran. Sebab proses pemasangannya cepat dan menghasilkan rangka partisi ataupun rangka plavon yang pas.

Baja ringan hollow merupakan jenis material yang tidak utuh sebab berlubang di bagian tengah. Oh karena itu menjadikan kekuatan nya tidak terlalu kuat, apalagi jika perakitannya tidak sesuai maka kekuatan rangka hollow bisa berkurang. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan tahap merangkai atau merakit baja ringan hollow dengan tepat, terutama dalam pembuatan rangka partisi maupun rangka plavon. Baja ringan hollow sendiri ada dua jenisnya yaitu hollow galvalum dan hollow galvanis. Hollow galvalum dibuat dengan menggunakan jenis lapisan atau coating galvalum. Komposisi yang terkandung pada lapisan galvalum yaitu 55%aluminium, 43.5% zinc dan 1.5% silicon. Sedangkan hollow galvanis dibuat dengan menggunakan lapisan galvanis yang memiliki komposisi 98% zinc dan 2% aluminium.

Tabel Jenis Dan Berat

Dan ini adalah Tabel Berat dan jenis Baja Ringan Hollow Partisi yang tersebar di seluruh indonesia.

# Produk Berat
1 Hollo Partisi Galvanis 16 x 32 x 4 x 0,20 mm 0,70 Kg
2 Hollo Partisi Galvanis 32 x 32 x 4 x 0,20 mm 0,90 Kg

Nah itulah Jenis, Ukuran dan Beratnya, Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda.

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Berikut adalah beberapa jenis baja ringan Hollow yang tersebar di indonesia :

Itulah tadi beberapa jenis Baja Ringan Hollo yang tersedia di kami dan di pasaran. Tentunya dengan kualitas yang sudah SNI. 

Cara memasang hollow sebagai rangka partisi

Bagaimana sih cara memasang rangka partisi menggunakan baja ringan hollow? Sebelumnya Anda perlu melakukan beberapa persiapan yaitu pertama membuat gambar shop drawing pengerjaan dinding partisi lalu persiapan material yang digunakan. Persiapan lainnya yaitu pada lahan kerja serta alat dan bahan. Untuk alat dan bahan yang Anda gunakan yaitu sebagai berikut.

Alat : waterpass, steiger, meteran, unting-unting, gergaji, gerinda, screwdriver, bor, cutter, kape, amplas, selang air dan lainnya

Bahan : sekrup gypsum, textile tape, gypsum board, rangka hollow 20/40 dan 40/40. Air, compound dan lainnya.

Setelah mempersiapkan alat dan bahan selanjutnya lakukan pengukuran. Tentukan dan tandai pada bagian dinding dan lantai pemasangan dinding partisinya. Setelah diukur, selanjutnya potong rangka hollow dengan ukuran yang sesuai dengan gambar kerja. Lalu pasang rangka baja ringan hollow di bagian dinding dan lantai dengan mengikuti marking tadi dengan penggunaan jarak 60×60 cm. Jangan lupa pastikan dan cek apakah rangka hollow sudah terpasang siku atau tegak lurus. Lalu pasang gypsum board pada rangka hollow dengan bantuan sekrup gypsum. Lembaran gypsum yang dipasang, pada satu sisi dulu agar pekerjaan instalasi mekanikal dan elektrikal lebih mudah. Setelah instalasi terpasang, baru pasang lembaran gypsum yang berikutnya. Cek kembali kerataan permukaan dinding partisi gypsum board. Kemudian sambungan natar gypsum tadi diberi textile tape dan juga dicompound dan digosok menggunakan amplas halus sehingga permukaannya menjadi rata dan halus. Terakhir tutup kepala sekrup dengan compound dan gosok menggunakan amplas. Agar terlihat cantik, cat permukaan gypsum sehingga lebih indah.

Kelebihan Material Galvanis

  • Awet dan tahan lama

Rangka galvanis yang terbuat dari material baja ringan tidak terpengaruh oleh serangan rayap. Berbeda halnya dengan rangka kayu biasa yang rentan lapuk akibat dari serangan rayap. Hal ini kemudian menjadikan rangka galvanis memiliki usia pakai yang relatif lebih lama dari penggunaan rangka kayu. Selain tahan akan rayap, rangka galvanis juga tahan akan karat karena rangka baja telah dilapisi oleh aluminium dan zinc. Anda bisa memberikan finishing lapisan tambahan berupa cat anti karat agar rangka lebih tahan akan perubahan cuaca dan kelembaban.

  • Harga lebih murah dan pemasangan cepat

Rangka galvanis tidak memerlukan pemeliharaan atau perawatan yang intensif sehingga hal ini dapat menghemat biaya perawatan rumah Anda. Selain tidak mengeluarkan biaya perawatan khusus, proses pemasangan rangka atap baja ringan jenis ini pun relatif cepat. Rangka ini sudah tersedia siap pasang sehingga menghemat waktu pengerjaan pembangunan. Namun hal ini juga tentunya menyesuaikan dengan tingkat kerumitan dan luasan atap.

  • Banyak pilihan ukuran dan model

Anda tidak perlu bingung mencari ukuran ataupun model rangka galvanis, karena rangka ini sudah banyak dijual di pasaran dengan berbagai ukuran dan model. Mulai dari bentang berukuran kecil (6-8 meter), ukuran sedang (8-10 meter) hingga ukuran besar (10-12 meter). Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan. Selain ukuran, rangka galvanis juga dijual dengan berbagai model. Harga model rangka tersebut menyesuaikan dengan detail dekorasi tiang, ukuran dan penggunaan materialnya.

Kekurangan Material Galvanis

  • Membutuhkan keahlian dalam pemasangannya

Walaupun pemasangan rangka galvanis terbilang cepat namun membutuhkan keahlian khusus untuk memasangnya Tidak semua orang familiar dan mampu memasang atap rangka galvanis. Diperlukan tenaga kerja yang benar-benar mengerti dalam pengerjaan rangka ini. Salah sedikit saja maka akan berakibat pada tidak kokohnya rangka yang dipasang. Hal ini tentu saja dapat menimbulkan resiko dan bahaya.

  • Cenderung lebih cepat panas

Salah satu kelemahan lainnya dari rangka galvanis adalah cenderung cepat panas. Dalam pemakaian rangka jenis ini, terutama ketika digunakan sebagai rangka atap akan lebih cepat panas saat matahari terik di siang hari. Hal ini tentunya akan mempengaruhi suhu di dalam ruangan atau rumah Anda. Berbeda dengan rangka kayu yang cenderung menyerap panas dan tidak menyebabkan suhu ruangan meningkat.

Nah untuk mendapatkan Baja Ringan Hollow Partisi Galvanis  dengan standar SNI bisa langsung menghubungi marketing kami Dunia Baja Komsen yang sudah kami sertakan No Telpon, Whatsapp dan email di Button samping maupun di paling bawah website ini.