Apa Itu Baja Ringan Reng ?

Reng Baja Ringan adalah sebuah batangan baja ringan yang digunakan sebagai dudukan atap dari sebuah rangka atap. Reng, kadang disebut profil B, namun orang-orang di lapangan biasa menyebutnya reng baja ringan. Fungsi reng baja ringan ini sama seperti reng pada rangka kayu. Yaitu untuk tempat bertumpu genteng atau penutup atap. Reng juga berfungsi untuk mengikat kuda kuda baja tau Truss Baja Ringan dalam pembuatan rangka atap rumah/bangunan.

Reng juga memiliki fungsi sebagai tempat bersandar nya penutup atap. Posisi reng tegak lurus ke atas berlawanan arah dengan Usuk

Baja Ringan Reng Untuk Konstruksi Bangunan

Tabel Berat Dan Jenis Baja Ringan

Dan ini adalah Tabel Berat dan Jenis Baja Ringan yang beredar di seluruh indonesia.

Gimana ? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Baja Ringan yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Baja Ringan tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Baja Ringan dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Aplikasi Baja Ringan Reng untuk Rangka Atap

Rangka atap adalah struktur bangunan yang posisinya berada di atas bangunan yang berdiri. Rangka atap memiliki beberapa struktur salah satunya adalah kuda-kuda. Rangka atap ini berdiri tepat di atas ring balk yang memungkinkan penyaluran tekanan langsung ke struktur bangunan lain yang berada di bawahnya.

Rangka Atap memiliki fungsi menyalurkan tekanan dari atap ke struktur bangunan lainnya yang berada di bawahnya. Rangka atap juga memiliki fungsi sebagai penahan atap dari tekanan-tekanan yang diberikan dari atap itu sendiri. Dalam perkembangan zaman rangka atap pun ikut berkembang yang biasanya bahan yang sering digunakan adalah balok kayu dengan seiring perkembangan zaman balok kayu pun mulai ditinggalkan dan beralih ke baja ringan.

Pada dasarnya penggunaan baja ringan untuk rangka atap memakai 2 komponen utama, yaitu kanal C dan reng. Kanal C berperan sebagai pengganti Kaso (kayu rangka) yang nantinya dirangkai menjadi struktur rangka atap. Sedangkan reng berfungsi untuk mengikat kuda-kuda dan gording, dimana posisi reng melintang di atas kuda-kuda dan gording, sehingga membentuk sebuah kerangka yang kokoh dan kuat. Lempengan reng merupakan profil baja ringan yang paling kecil. Fungsinya sebagai tempat untuk menopang genteng atau jenis atap lainnya dan sebagai pengatur jarak genteng agar lebih tertata rapi.

Kelebihan Baja Ringan Reng Sebagai Rangka Atap

  • Ringan dan Mudah Dipasang

Sifatnya yang ringan memudahkan kita untuk memasang rangka atap, sehingga dapat menghemat biaya penyewaan tukang dan menghemat waktu. Rangka atap baja ringan juga memiliki sistem sambungan yang mudah. Anda bisa menyambungnya dengan baut besi, sekrup, keling, ataupun dengan cara las.

  • Kuat dan Tahan Lama

Walaupun ringan, atap baja ringan jenis terbaru ini sangat kuat, lho!

Materialnya tidak akan berkarat dan tahan menghadapi cuaca ekstrim, sehingga bisa melindungi rumahmu dengan maksimal. Kualitas bahannya sudah disempurnakan hingga tahan lebih lama dibandingkan dengan atap kayu yang mudah keropos dan atap baja konvensional yang mudah mengarat. Walaupun terlihat ringan dan lebih tipis dari baja biasa, materialnya tidak mudah memuai dan menyusut.

  • Mudah Dibentuk dan Disambung

Setiap orang pasti memiliki rumah impian tersendiri, tapi terkadang susah dikabulkan karena desainnya yang cukup rumit. Atap baja ringan bisa menjadi solusinya. Baja ringan dapat dengan mudah dipotong dan dibentuk mengikuti bentuk rangka atap yang kita inginkan. Setelah terpasang, atap baja ringan bisa disambungkan dengan jenis atap lainnya menggunakan material penghubung baja.

  • Tegangan Tarik Tinggi

Atap baja ringan lebih lentur dari jenis atap lainnya.

Kelenturan rangka atap sangat penting karena semakin besar tegangan tarik atap, semakin banyak energi yang bisa diserap. Tidak seperti baja konvensional, tegangan tarik atap baja ringan terbilang tinggi. Tegangan tariknya berkisar sekitar 550 Mpa. Tegangan tarik ini lebih tinggi dibandingkan dengan atap baja konvensional yang hanya memiliki tegangan tarik sekitar 300 Mpa.

  • Dapat Didaur Ulang

Sisa atap baja ringan yang sudah terpakai bisa digunakan lagi untuk bagian lain konstruksi rumahmu karena sifatnya yang kuat dan tahan lama. Kamu juga bisa membongkar materialnya dengan cara dilelehkan dan dibentuk menjadi salah satu bahan bangunan atau bahkan pondasi rumah. Menggunakan atap baja ringan juga mendukung program pemerintah dalam menghemat penggunaan kayu di negeri kita.

Dengan menghemat kayu, kita dapat menghentikan penebangan pohon dan membantu melestarikan hutan dan lingkungan di sekitar kita.

Kekurangan Baja Ringan Reng Sebagai Rangka Atap

  • Rentan Roboh Jika Tidak Teliti

Atap baja ringan menggunakan sistem berbentuk jaring untuk bisa membangun atap yang kuat dan tahan lama. Akan tetapi, jaring dan kerangka ini lah yang dapat sangat berbahaya jika tidak diperhitungkan dengan benar. Saat membangun, kamu harus tetap menghitung dan mempertimbangkan sifat baja yang dapat menyusut dan memuai, walaupun baja tipe ringan tidak sefleksibel baja konvensional. 

Kegagalan dalam menghitung konstruksi atap rumah dapat menyebabkan kegagalan yang menyeluruh sehingga atap bisa roboh.

  • Harga Tidak Murah dan Tidak Murahan

Ada kualitas, ada harga. Karena kualitasnya dan segala keunggulannya, harga atap baja ringan tidak tergolong murah. Harga ini belum termasuk kelengkapan lainnya seperti kanal, sekrup, aluminium foil, hingga genteng metal untuk melengkapi atap rumah.

Nah itulah tadi Artikel tentang Definisi, Spesifikasi, dan Fungsi dari material bangunan Baja Ringan Reng, Telah kami jelaskan secara terperinci langsung dengan tabel berat dan jenis Baja Ringan Reng yang tersedia di Kami.

Untuk mendapatkan Baja Ringan Reng ini dengan standar SNI bisa langsung menghubungi marketing kami Dunia Baja Komsen yang sudah kami sertakan No Telpon, Whatsapp dan email di Button samping maupun di paling bawah website ini.