Mengenali Lebih Jauh Tentang Genteng Metal Pasir

Genteng metal pasir merupakan jenis dari genteng metal yang memiliki lapisan berpasir. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan genteng metal pasir ini adalah baja galvalume az 100, zincalume, zinc phospat, dan campuran coraltex. Genteng metal pasir tersedia dalam beberapa ketebalan yakni dari 0,20 mm hingga 0,40 mm yang cocok untuk hunian.

Genteng Metal Pasir untuk Konstruksi

Genteng Metal Pasir, Perlu Pasang Apa Tidak?

Meski genteng metal pasir ini sudah banyak digunakan, ternyata masih ada yang belum mengetahui serba-serbi ataupun ragu untuk menggunakannya. Jika kamu merasa demikian, mari simak pembahasan terkait genteng metal pasir berikut ini!

Apalah artinya sebuah hunian tanpa sebuah atap? Atap adalah elemen bangunan yang memegang peran penting karena berfungsi untuk melindungi penghuni dari hujan dan panas. Ditambah lagi, atap bisa mempengaruhi tampilan eksterior hunian. Oleh karena itu pula, pemilihan atap harus dilakukan dengan tepat. Salah satu jenis atap yang kerap dipilih adalah genteng metal pasir.

Tabel Jenis dan Berat

Sebelumnya ini adalah tabel jenis, berat dari Atap yang tersebar di pasar indonesia sebagai berikut :

Nah Bagaimana? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Atap yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Atap tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Atap dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Kelebihan Genteng metal pasir

  • Genteng metal pasir bersifat tidak membesarkan api

Keunggulan pertama dari genteng metal pasir adalah memiliki sifat yang tidak membesarkan api. Itu berarti, ketika terjadi kebakaran rumah api tidak akan membesar dan menyebar ke bagian lain. Begitu juga ketika musim hujan tiba dan banyak petir, genteng metal pasir mampu meredam sambaran petir secara aman ke seluruh bagian atap. Setidaknya petir tidak akan membuat listrik di rumah langsung mengalami konsleting.

  • Genteng metal pasir mampu meredam suara bising dan panas

Lapisan dan bahan pembuatan genteng metal pasir membuatnya mampu meredam suara bising dari luar rumah. Misalnya saja suara hujan dan suara kendaraan. Hal ini tentu sangat didambakan oleh pemilik rumah yang lokasinya dekat dengan jalan raya. Tidak hanya meredam suara bising, genteng metal pasir juga mampu meredam panas berkat kandungan baja galvalum. Setidaknya bahan ini mampu memantulkan 70% sinar matahari sehingga bagian dalam rumah menjadi lebih sejuk meski matahari sedang bersinar terik.

  • Genteng metal pasir memiliki sifat anti karat

Atap sudah pasti menghadapi hujan dan panas matahari secara bergantian yang meningkatkan resiko munculnya karat. Untungnya genteng metal pasir ini mengandung unsur seng dan aluminium sehingga sifatnya anti karat. Dengan demikian, genteng metal pasir tidak perlu diganti dalam jangka waktu lama. Lapisan anti karat ini diberikan sebelum proses pengecatan. Hasilnya, warna genteng metal pasir pun menjadi lebih indah dan awet.

  • Genteng metal pasir tahan lama

Bahan-bahan yang terkandung dalam genteng metal pasir membuatnya mampu tahan lama di tengah serangan cuaca. Genteng metal pasir ini terkenal dengan sifatnya yang tidak mudah pecah, anti jamur, anti karat, anti lapuk, dan anti rayap. Tanpa perawatan khusus pun, genteng metal pasir ini bisa bertahan dalam hitungan 10 tahun bahkan lebih. Selain menghemat waktu, tentu kamu tidak perlu keluar uang lagi untuk menggantinya dalam waktu dekat.

Mengenal Jenis Genteng Metal

Genteng metal secara ciri fisik, dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu genteng metal pasir dan genteng metal minimalis. Keduanya memiliki bentuk dan model yang sama, namun berbeda dari sisi lapisan yang digunakan.

  1. Ciri Fisik Genteng Metal Pasir

Genteng metal pasir merupakan jenis genteng metal yang memiliki lapisan seperti berpasir. Bahan – bahan yang digunakan untuk membuat jenis genteng ini adalah baja galvalume az 100, zincalume, zinc phospat dan campuran coraltex. Bahan terakhir (baca: campuran coraltex) yang menjadikan lapisan genteng metal ini berpasir. Lapisan seperti pasir tersebut berguna untuk menahan panas terik matahari agar tidak masuk dalam ruangan. Ukuran ketebalan genteng metal berpasir tersedia berbagai pilihan dari 0,20 mm hingga 0,40 mm.

  1. Ciri Fisik Genteng Metal Minimalis

Genteng metal polos merupakan sebutan lain dari genteng metal minimalis. Genteng metal ini dibuat berdasarkan bahan – bahan yang sama seperti bahan pembuatan genteng metal berpasir, namun coraltex ditiadakan, diganti dengan pelapis warna biasa, tanpa ada motif pasir. Sedangkan untuk ketebalannya juga berkisar antara 0,20 mm dan 0,40 mm.

Rangka Atap Genteng Metal

Jika menggunakan genteng metal, maka rangka baja ringan tidak perlu dibuat rapat, karena beban genteng jenis ini ringan. Meskipun begitu, pemasangan harus hati – hati dan baut roofing yang digunakan harus yang terbaik. Hal ini untuk menghindari kejadian adanya atap yang copot diterpa angin, karena pekerjaan pemasangan genteng metal yang kurang teliti dan hati – hati. Selain untuk atap rumah, genteng metal berpasir juga cocok digunakan sebagai atap kanopi baja ringan.

Untuk rangka atap genteng metal pasir maupun metal , sebaiknya anda menggunakan rangka atap baja ringan. Selain karena harga baja ringan saat ini sudah terjangkau, ada faktor kecepatan pengerjaan yang harus anda ketahui. Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, bahwa bahan dasar genteng metal pasir ini adalah baja ringan, maka rangka atap yang cocok untuk menopang genteng jenis ini juga rangka baja ringan.

Fungsi dan Kegunaan Atap untuk Bangunan Anda

  • Menghindari Sinar Matahari dan Mengurangi Panas

Agar fungsi ini berjalan optimal, ada baiknya kita tidak menganggap remeh desain atap yang kita terapkan. Terutama di Negara tropis yang notabene memperoleh sinar matahari sepanjang tahun, pilihan bentuk dan material atap berpengaruh besar pada kemampuannya menangkal panas. Secara umum, atap miring memiliki respon yang lebih baik terhadap panas, sebab ia memiliki rongga di bawah atap yang berfungsi sebagai area sirkulasi udara.

Fungsinya mengusir hawa panas. Selain dipengaruhi bentuk, material yang kita pakai juga mempunyai andil dalam mengurangi panasnya suhu matahari. Material isolator panas yang diletakkan di bawah penutup atap tertular, misalnya mampu memperkecil suhu yang sangat panas pada siang hari. Dilain pihak, atap juga bisa menjadi jalan masuk sinar matahari untuk ruang – ruang yang tidak berjendela, terutama ruang yang terletak di tengah – tengah bangunan. Yang perlu anda lakukan hanyalah membuat skylight (atap transparan). Gunakan kaca berlaminasi agar sinar matahari yang masuk tidak terlalu tajam.

Meskipun memberi banyak manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lain, ada kalanya sinar matahari juga membawa dampak buruk bagi kesehatan kita. Tak jarang sinar matahari yang terlalu terik membuat kita merasa tidak nyaman. Yang lebih bahaya, radiasinya dapat menyebabkan kanker kulit. Efek buruk ini tentu saja dapat dihindari dengan berlindung di bawah buruk ini tentu saja dapat  dihindari dengan berlindung di bawah naungan. Dalam konteks bangunan, atap lah yang menjadi elemen pemberi perlindungan tersebut.

  • Melindungi dari hujan

Salah satu fungsi lain atap adalah melindungi dari terpaan hujan. Karena itu, keberadaan atap dalam sebuah hunian tak bisa ditawar lagi. Bahan atau material yang kedap air dan kuat merupakan syarat yang wajib dipenuhi di bawahnya dari hujan. Berkat teknologi pembuatan material atap yang kian maju, kini banyak pilihan bahan penutup atap kedap air yang praktis pemasangannya.

Bentuk atap ini memungkinkan air mengalir ke bawah dengan lebih cepat sehingga tidak mengendap di atas atau merusak material atap. Untuk menghalangi tampias air hujan memasuki rumah, konstruksi atap miring sebaiknya juga diberi overstek atau perpanjangan atap yang biasa kita kenal dengan tritisan.

Element inilah yang memperkecil kemungkinan air hujan langsung mengenai dinding bangunan. Bisa dikatakan element yang satu ini tidak dilupakan, sebab jika air hujan terus menerus membasahi dinding rumah, lama – kelamaan dinding akan rapuh dan retak. Sistem drainase pada atap merupakan poin lain yang wajib diperhatikan. Berupa talang dan pipa yang mengalirkan air ke bawah, saluran air ini tidak boleh diabaikan.

Supaya terhindar dari kerumitan pemasangan talang dan pipa, sebaiknya hindari desain atap dengan terlalu banyak jurai, sebab kehadirannya memperbesar kemungkinan atap bocor.

  • Melindungi dari petir dan bunga api

Elemen ini bisa dikatakan wajib diterapkan pada atap rumah yang berada di dataran tinggi  dan berlantai banyak. Pilihlah bahan yang  menurut anda paling sesuai, yaitu besi, tembaga, dan babet (campuran kuningan dan besi). Disamping petir, bunga api dari pesawat terbang yang melintas juga bisa menjadi faktor penyebab kebakaran yang mungkin tidak kita sadari. Dengan hadirnya atap, bangunan dan penghuni di dalamnya dapat terlindung dari percikan bunga api. Agar lebih maksimal, pilih material penutup atap yang tidak mudah terbakar jika terkena api. Memakai seng sebagai talang juga merupakan cara jitu mencegah bunga api jatuh dan menyulut dedaunan atap rumput kering.

Seperti halnya hujan dan panas matahari, petir adalah kejadian alam yang tidak dapat dihentikan. Dan saat petir menyambar, kita pasti akan merasa lebih terlindungi jika berada dalam rumah. Bayangkan jika hunian tempat kita bernaung tidak beratap, sambaran petir yang berbahaya bukan tidak mungkin mengancam jiwa kita. Memasang penangkal petir merupakan langkah bijak untuk memperoleh perlindungan lebih terhadap petir yang bisa menimbulkan ledakan dan kebakaran.

  • Melindungi dari Angin

Angin memang berperan penting dalam mengurangi perasaan tidak nyaman yang kerap melanda saat kelembaban udara sedang tinggi. Namun, angin juga membawa kerugian jika intensitasnya terlalu tinggi. Pada malam hari, misalnya, angin cenderung kita hindari karena dapat menimbulkan penyakit. Entah disadari atau tidak, atap yang menaungi rumah kita, juga member perlindungan terhadap efek buruk angin. Yang menjadi masalah, kekuatan angin terkadang tidak bisa ditebak. Saat cuaca sedang buruk, terjangan angin bisa membuat atap hunian terlepas. Untung kita masih bisa melakukan tindakan preventif, seperti memilih dan memasang material atap yang benar. Sambungan antar komponen, sebagai contoh harus benar – benar kuat. Pastikan pula material penutupnya terutama yang berbobot ringan melekat kuat pada rangka atap.

  • Meredam Bising

Untuk mendapatkan kualitas peredam bising yang baik, material dengan bahan penyusun padat dan tebal, misalnya genteng, merupakan solusi yang dapat diambil. Bagi anda yang menginginkan bahan penutup atap yang bisa meredam suara namun berbobot ringan, saat ini tersedia bahan dari aspal dan serat yang bisa menjawab kebutuhan tersebut. Sayangnya, bahan ini merupakan buatan luar yang masih harus diimpor.

Atap Adalah hal yang sangat menjengkelkan jika saat tengah beraktivitas. Anda mendengar suara atau bunyi bunyian yang mengganggu. Jika sudah melewatkan batas toleransi, suara atau bunyi tersebut menjadi polusi suara atau bising. Dinding dan atap merupakan elemen bangunan yang berfungsi sebagai barrier atau penghalang suara. Jika dinding lebih banyak meredam bising yang berasal dari lalu lalang kendaraan jalan raya, atap berperan besar dalam mengurangi kebisingan yang datang dari suatu kendaraan.

  • Elemen Estetik Bangunan

Supaya tampil menarik, sebaiknya selaraskan desain atap dengan gaya hunian. Untuk rumah bergaya tradisional, misalnya genteng tanah liat atau alang – alang bisa dijadikan pilihan. Rumah dengan sentuhan hi tech dapat memanfaatkan atap baja gelombang. Sedangkan rumah bergaya modern bisa dipadukan dengan lebih banyak pilihan material atap.

Tidak bisa dipungkiri, atap merupakan elemen bangunan yang secara visual cukup dominan. Karena itu, atap memberi pengaruh yang signifikan dalam menciptakan karakteristik bangunan. Mempertimbangkan hal tersebut, sudah selayaknya anda memikirkan masak masak  desain atap yang akan anda aplikasikan. Jangan sampai atap yang seharusnya dapat memperindah bangunan justru memberikan tampilan yang sebaliknya.

Nah itulah tadi artikel mengenai Genteng Metal Pasir mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Genteng Metal Pasir, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.

Incoming search terms:

  • jenis genteng seng aspal