KENALI GENTENG METAL LEBIH JAUH

Genteng merupakan atap rumah yang umumnya dibuat dari bahan tanah liat. Seiring perkembangan teknologi atap rumah tidak lagi hanya genteng tetapi juga sudah bermunculan seperti asbes, aluminium dan lainnya. Saat ini genteng merupakan sebuah simbol kemewahan, mengingat genteng tidak hanya sekedar atap yang berfungsi sebagai pelindung dari hujan, angin dan panas, tetapi kini sudah menjadi gaya hidup seseorang.

Genteng Metal untuk Konstruksi Bangunan

Pada dasarnya membeli genteng itu menjadi satu keputusan satu kali dalam waktu yang sangat lama. Selain untuk jangka yang lebih panjang, ketika anda salah dalam memilih jenis genteng maka dapat berakibat fatal. Biaya akan semakin besar ketika anda ingin menggantinya. Untuk itu pastikan dulu anda memilih jenis genteng yang tepat dan berkualitas serta membeli di lokasi yang tepat.

Kalau bahasa kerennya pemilihan genteng ini dapat dibilang sebagai statis kelas ekonomi bagi pemilik rumah. Maka dari itu silahkan pertimbangkan dengan baik ketika memilih tipe genteng yang berkualitas tinggi. Jangan sampai anda salah dalam menentukan tipe serta warna genteng yang sesuai dengan warna cat rumah anda.

Tabel Jenis dan Berat

Sebelumnya ini adalah tabel jenis, berat dari Atap yang tersebar di pasar indonesia sebagai berikut :

Nah Bagaimana? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Atap yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Atap tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Atap dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Sejarah Adanya Genteng

Genteng ini pertama kali ditemukan pada awal masa milenium ke 3 sebelum Masehi di Lerna, Yunani. Situs ini telah menunjukkan ribuan puing ubin yang jatuh dari atap. Temuan pertama kali genteng ini ada di Yunani kuno tepatnya di sekitar Korintus, genteng ini mulai menggantikan atap jemari di sebuah bangunan kuil Apollo dan Poseidon pada 700 sebelum Masehi.

Di negara Belanda produksi genteng telah dimulai pada abad ke-14.  Pada waktu itu banyak rumah yang masih terbuat dari kayu dan memiliki atap jemari. Untuk memenuhi semua pesanan genteng maka sudah dimulai memproduksi genteng dengan tangan.

Memilih Genteng Yang Berkualitas Untuk Rumah Idaman

Kini seiring perkembangan jaman, teknologi pembuatan atap juga semakin maju. Banyak sekali model genteng yang sudah dijual dipasaran. Ketika anda akan membangun sebuah rumah atau merenovasi atap rumah maka dapat menggunakan salah satu genteng metal karena selain berkualitas juga memiliki harga yang lebih terjangkau.

Genteng metal adalah genteng modern yang tujuannya digunakan untuk mengganti genteng yang terbuat dari tanah liat. Tampilan Apapun sangat mirip dengan model genteng lainnya. hanya saja bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya berbeda. Genteng modern ini terbuat dari bahan dasar logam seperti baja ringan, zincalume, dan galvanis. Bentuk desain genteng ini berupa lembaran yang memiliki ukuran panjang, lebar dan memiliki ketebalan tertentu.

Bagi anda yang sedang mencari kebutuhan bahan genteng untuk renovasi rumah maka berhati-hatilah dalam memilih genteng berbahan metal. Saat ini sudah banyak yang beredar genteng yang berbahan metal tetapi sudah tidak lagi mengedepankan kualitas yang baik. Sehingga yang sering terjadi adalah warna genteng sudah mulai pudar dan sudah korosi. Selain itu untuk genteng yang model berpasir pun juga mengalami pasir yang rontok dalam waktu dekat. Tentunya pembelian itu sangat merugikan bagi pemilik rumah dan harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk perawatan atau bahkan harus mengganti dengan genteng yang baru.

Industri genteng ini memiliki visi yang baik dalam menciptakan suatu produk yang berkualitas. Namun seiring perkembangan zaman pemakaian baja ringan dan genteng berjenis metal maka terjadi sebuah persaingan yang ketat antara penjual, pemborong dan permintaan untuk genteng yang murah. Untuk itu maka tumbuhlah industri kecil yang juga menyediakan produk genteng yang lebih murah dan berkualitas tetapi jauh dari harapan.

Tidak serumit dengan genteng tanah liat yang harus disusun, genteng modern ini memiliki berat yang ringan dan menggunakan sekrup pada proses pemasangannya, namun harus tetap teliti agar tidak mengakibatkan kebocoran dan tetap rapi. Bahan yang digunakan ini juga anti pecah sehingga tidak perlu khawatir akan bocor. Bahan ini juga anti lumut dan tersedia cukup variatif sehingga dapat disesuaikan dengan pilihan cat rumah.

Ganteng ini memiliki dua jenis yang dipasarkan di pasaran yaitu genteng berpasir dan genteng polos. Untuk genteng berpasir memiliki keunggulan lebih baik dari pada genteng polos yaitu mampu menahan teriknya panas matahari dan mampu meredam derasnya air hujan. Tentunya harga genteng pasir lebih mahal dari pada genteng polos.

Kelebihan Menggunakan Genteng Metal

  • Bersifat Ramah Lingkungan

Genteng ini juga termasuk genteng yang ramah lingkungan. Salah satu alasannya adalah genteng ini terbuat dari bahan daur ulang yang mencapai 60 persen. Proses pembuatannya pun memanfaatkan Teknologi energi dengan sangat efisien. Bahkan genteng yang telah mengalami kerusakan bisa dipakai lagi sebagai bahan dasar pembuatan genteng yang baru.

  • Memiliki Bobot yang Ringan

Memiliki bentuk berupa lembaran-lembaran maka secara otomatis bobot genteng menjadi sangat ringan. Rata-rata berat susunan genteng yang membentuk luas 1m2 adalah 7 kg. Coba saja bandingkan dengan genteng beton yang memiliki bobot sekitar 60 kg, untuk membentuk luas bidang yang sama. Hal ini membuktikan bahwa genteng berbentuk lembaran ini sangat aman digunakan serta menjadi salah satu pilihan atap terbaik untuk wilayah yang rawan gempa.

  • Memiliki Daya Tahannya Tinggi

Genteng ini mempunyai daya tahan yang tinggi dibandingkan dengan tipe genting lain. Bahan atap yang satu ini bersifat anti jamur, anti lapuk, anti pecah, dan anti rayap. Dengan keunggulannya itu, genteng ini bisa dipakai hingga berpuluh-puluh tahun tanpa mengalami kerusakan yang serius serta diklaim bebas perawatan.

  • Dapat Ditopang dengan Rangka Sederhana

Genteng yang memiliki bobot yang ringan juga memungkinkan genteng metal tidak terlalu membutuhkan struktur rangka atap yang rumit. Biasanya proses pemasangan genteng ini dipasang dengan menggunakan penyangga yang terbuat dari bahan baja ringan. Untuk alasan keindahan anda dapat menggunakan rangka kayu yang kebutuhan nya bakal lebih sedikit dan semakin hemat.

  • Tersedia Pilihan yang Beragam

Pilihan jenis genteng tidak hanya sebatas genteng yang polos dan berpasir saja. Lebih dari itu, genteng ini juga bisa tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik. Itulah kenapa genteng tipe metal ini bisa diaplikasikan di rumah-rumah yang berdesain minimalis, modern, sampai tradisional

  • Pemasangannya Mudah dan Cepat

Genteng ini sengaja dirancang dengan desain yang baik oleh pabrik pembuatnya supaya mudah dipasang dengan waktu yang relatif singkat. Anda tinggal mengharapkannya secara teratur di atas rangka atap, kemudian menancapkan beberapa buak sekrup. Genteng pun sudah terpasang dengan kuat dan benar. Bahkan genteng tipe metal ini diklaim memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menahan hembusan angin yang kencang dan guncangan gempa bumi.

Kekurangan Genteng Metal

  • Menimbulkan Bising

Permukaan genteng ini mudah penyok jika diinjakan terutama pada proses pemasangan. Terjadi  kebisingan jika terjadi kontak dengan lapisan. Sebagai contoh ketika terjadi hujan lebat, dapat menimbulkan kebisingan pada permukaan atap. Namun hal ini tidak terlalu signifikan karena saat ini produsen telah membuat inovasi untuk mengatasi masalah tersebut. Cara untuk mengatasi kebisingan itu dengan melapisi pasir batu alam atau batu koral pada permukaan genteng. Hal ini dapat meredam suara berisik apabila terjadi hujan. Selain itu juga menahan suhu panas sinar matahari, permukaan tidak licin, dan memberikan tekstur tertentu untuk mempercantik penampilan.

  • Pengelupasan Warna

Kelemahan lain dari genteng jenis metal ini adalah permukaan dapat memudar atau mengelupas, meskipun bertahun-tahun garansi. Ketika pemasangan atap anda juga harus memastikan  serta menghindari terjadinya goresan.

  • Interior Terasa Panas

Masalah yang sering dikeluhkan pada rumah-rumah yang sudah menggunakan atap genteng ini adalah suasana interiornya terasa sumpek, gerah, dan panas. Hal ini terjadi karena sifat metal sebagai konduktor yang bagus sehingga panas matahari akan selalu diteruskan ke bagian bawahnya yang bersuhu lebih rendah.

Nah itulah tadi artikel mengenai Genteng Metal mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Genteng Metal, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.

Produk Genteng Metal :

  1. Genteng Metal Pasir
  2. Genteng Metal Polos Warna

Incoming search terms:

  • warna genteng metal memudar