Apa Itu Foil Single?

Alumunium foil single adalah alumunium yang lapisannya hanya terdiri dari satu sisi saja, sehingga hanya akan terlihat mengkilap dibagian atas tetapi buram dibagian bawah.

Alumunium foil adalah salah satu material yang paling sering digunakan untuk melapisi atap baja ringan, karena kemampuannya yang dapat memantulkan panas dengan efektif. Alumunium foil mempunyai bahan kemurnian 99,45 %, plastik tahan robek yang terbuat dari polyethylene, tidak merambatkan api jika terjadi korslet atau hubungan pendek arus listrik, reduksi suara hingga 6 db dan titik leleh hingga 310 derajat celcius.

Alumunium Foil dapat menolak / mereduksi radiasi panas hingga 97%. Pada siang hari yang cerah biasanya suhu di dalam ruangan atau rumah lebih panas, karena perpindahan radiasi panas di bagian atas atap. Aluminium yang dipasang di bawah atap dapat memantulkan kembali radiasi matahari tersebut, sehingga suhu dalam ruangan bisa lebih sejuk.

Produk ini juga bisa berfungsi sebagai penahan air ketika atap bocor, karena di pasang di bagian bawah atap.

Ada 2 (dua) tipe dari produk ini, Single Side dan Double Side. Single Side lapisan yang hanya satu sisi dan double side, lapisan alumunium dua sisi. Alumunium double side lebih efektif dalam menahan panas dan secara estetika lebih indah sekalipun harganya sedikit lebih mahal.

Tabel Berat Dan Jenis Alumunium Foil

Dan ini adalah Tabel Jenis Alumunium Foil yang beredar di seluruh indonesia.

Inilah Tabel jenis dari Alumunium foil, Semoga bisa membantu pada saat anda sedang kebingungan mencari alumunium foil. jika membutuhkan barangnya bisa langsung hubungi kami, berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Fungsi Pemasangan Alumunium Foil

Fungsi Aluminium Foil tersebut sebagai Isolasi Atap Bangunan, terbuat dari bahan yang kuat, elastis dan tahan air serta freon, Sehingga aman dan ramah lingkungan. Dan juga membantu menahan dan memantulkan panas sinar matahari masuk ke rumah.Selain itu Aluminium Foil pada rangka atap juga berfungsi melindungi kebocoran akibat tampias air hujan dan embun, melindungi plafond dari kerusakan / melengkung karena cuaca panas, membuat plafon bersih dan bebas debu, dan praktis karena mudah pemasangannya.

  1. Menolak atau mengurangi radiasi dari matahari hingga 97 %. Pada siang hari biasanya suhu di dalam ruangan atau rumah lebih panas, itu disebabkan perpindahan radiasi panas dibagian atap ke bagian bawah atap. Alumunium yang dipasang di bawah genteng berfungsi memantulkan kembali radiasi matahari tersebut, sehingga suhu di dalam ruangan lebih sejuk.
  2. Jika terjadi kebocoran pada atap, alumunium foil berfungsi menghalangi aliran air tersebut, sehingga air tidak langsung masuk ke dalam ruangan.

Pada siang hari suhu di dalam bangunan atau rumah seringkali mudah terasa lebih panas. Hal ini disebabkan perpindahan panas radiasi dari sinar matahari yang diterima atap kemudian diteruskan ke bawah bagian palfon (langit-langit) rumah. Di bawah terik matahari siang suhu di bagian atap dapat mencapai 70 derajat celcius.

Solusi untuk hal ini, salah satunya adalah penggunaan Aluminium Foil. Metode terbaik untuk memblokir sebagian besar panas adalah dengan memasang Aluminium Foil dibawah atap bangunan serta dengan memasang ventilasi yang memadai untuk atap.

Menurut data, ternyata pada awalnya Aluminium Foil bukan sebagai penahan panas, Aluminium Foil lebih banyak dipakai sebagai penahan tampias atau kebocoran atap dari hujan. Tapi, kemudian dikembangkan juga sekaligus sebagai penepis panas. Di sejumlah negara bahan bangunan ini banyak dijadikan pilihan penepis radiasi panas. Salah satunya Australia, di negeri ini standar bangunan yang layak ditempati adalah yang menggunakan Isolasi Aluminium Foil.

Teknik Pemasangan Alumunium Foil

Teknik pemasangan alumunium foil adalah menempatkan diantara reng dan profil C (Kasso) dengan penarikan yang rata, dimulai dari sisi bawah atas sampai ujung. Penarikan harus dilakukan dengan secukupnya agar tidak merusak atau merobek alumunium foil. Gunakan reng jenis sisi yang ada lipatannya, kalau tidak akan berakibat sobeknya alumunium karena terkena sisi reng.

Lapisan Alumunium Foil

Alumunium foil ada yang menggunakan lapisan kertas atau bahan plastik. Karena bahan plastik tidak cepat robek maka alumunium dengan bahan plastik biasanya lebih mahal. Pada rangka atap baja ringan, alumunium foil dipasang dengan cara dijepit diantara reng dan kaso baja ringan, dan bisa dilakukan sebelum atau bersamaan dengan pemasangan reng. Pemasangan alumunium foil yang baik adalah dengan pemasangan yang rata, karena dengan permukaan yang rata akan lebih efektif menolak radiasi panas matahari, menghalangi air apabila terjadi kebocoran. Sehingga air tidak langsung jatuh ke bawah, sesuai dengan kemiringan atap.

 Nah itulah tadi artikel mengenai Alumunium Foil Single mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Alumunium Foil Single, untuk mendapatkan produknya Anda bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.