Apa Itu Aluminium Composite Panel (ACP) ?

Aluminium Composite Panel (ACP) adalah material perpaduan dari plat aluminium dan composite. ACP adalah panel datar yang terdiri dari berbagai bahan, seperti bahan non aluminium yang kemudian disatukan diantara dua lembar aluminium. Lembaran tersebut dapat dilapisi dengan cat PVDF atau bisa juga dengan polyester.

Material bahan bangunan aluminium composite panel (ACP) merupakan material bangunan yang berupa lembaran yang terdiri dari bahan plat aluminium dan bahan composite. Lembaran ACP ini terdiri dari bahan lembaran aluminium pada sisi luar, yang didalamnya terdapat lapisan lembar non aluminium yang kemudian dilapisi lagi dengan bahan PVDF atau polyester yang kemudian di press menjadi satu. Bahan ACP sendiri memiliki sifat yang kuat tapi memiliki beban berat ringan.

Di Pasaran di jual aluminium composite panel dengan bahan yang terdiri dari dua jenis yaitu jenis polyester (PE) dan PVDF (Poly Vinyl De Flouride). Setiap jenis tentunya memiliki ketahanan yang berbeda, untuk jenis PE biasanya digunakan untuk interior dan jenis PVDF untuk eksterior karena jenis PVDF lebih tahan terhadap segala jenis cuaca sehingga warna pada aluminium bisa lebih tahan lama.

Sebelum Anda memilih produk Aluminium Composite Panel Untuk digunakan, ada baiknya ketahui terlebih dahulu mengenai jenis, keunggulan serta harga Aluminium Composite Panel. Pemilihan Aluminium Composite Panel dapat disesuaikan dengan penggunaan dan kebutuhan bangunan Anda.

Tabel Berat Dan Jenis Atap

Dan ini adalah Tabel Berat dan Jenis Atap yang beredar di seluruh indonesia.

Gimana ? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Atap yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Atap tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Atap dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Jenis-jenis aluminium composite panel berdasarkan lapisan cat-nya

Terdapat dua jenis ACP yang populer di pasaran. Berbeda jenis, berbeda pula kegunaannya. 

1.  Jenis Polyester (PE) yang lebih banyak digunakan untuk dinding interior. Pada dinding interior, ACP jenis polyester biasa diaplikasikan sebagai plafon artistik, partisi, atau penutup kolom.

2. Jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa digunakan di bagian eksterior. Biasa dikombinasikan dengan kaca, papan reklame, atau panel kanopi.

Keunggulan Aluminium Composite Panel (ACP)

Ada banyak keunggulan APC yang membuatnya banyak dipilih sebagai material konstruksi bangunan. Beberapa keunggulan diantaranya seperti:

  • Daya tahan tinggi terhadap perubahan cuaca dan iklim

ACP terbuat dari aluminium yang memiliki sifat tahan terhadap korosi, asam, garam, dan sinar ultraviolet. Sifat-sifat tersebut membuat ACP tahan lama, bahkan materialnya tak perlu diganti hingga berpuluh-puluh tahun kemudian. 

  • Banyak pilihan warna dan pola yang bisa dipilih

 Saat ini, ACP memiliki lebih dari 30 pilihan warna. Selain itu, ada banyak pula pola yang menyerupai pola marmer dan kayu, sehingga mudah pula untuk mengaplikasikannya pada berbagai konsep modern. 

  • Ramah lingkungan

Hampir 85% bahan dasar ACP terbuat dari aluminium yang didaur ulang. Maka dari itu, menggunakan ACP sebagai salah satu material bahan bangunan adalah pilihan tepat karena sifatnya yang ramah lingkungan.

  • Memiliki bobot ringan

Walaupun lembaran ACP cukup kuat dan kaku, bobotnya bisa dibilang cukup ringan, yaitu sekitar 3,5 kg hingga 5,6 kg per m2. Lantaran bobotnya ringan, material ACP pun jadi mudah dipindahkan.

Kekurangan Aluminium Composite Panel (ACP)

  • Dalam suhu tinggi, lapisan inti bisa menggelembung yang akan mengakibatkan permukaan aluminium tidak rata sehingga bisa mengurangi keindahan
  • Jika sistem grounding kurang bagus terhadap bangunan utama, lembaran cukup berisiko terhadap sambaran petir

Cara Pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP)

  • Percayakan pengerjaan pada kontraktor composite panel yang memang sudah ahli di bidangnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik sesuai dengan keinginan kita
  • Pastikan bahwa dinding plesteran sudah rapi dan siap untuk dipasangi bracket
  • Untuk cara pemasangan composite panel dan mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan untuk melakukan proses marking dengan seksama dan teliti
  • Pastikan bahan Aluminium Composite Panel yang kita pasang sesuai dengan spesifikasi ruangan. Misalnya untuk area eksterior atau area luar ruangan yang terkena hujan dan panas secara langsung sebaiknya menggunakan Aluminium Composite Panel dengan finish PVDF.

Fungsi dari Aluminium Composite Panel (ACP) 

Fungsi dari aluminium composite panel (ACP) banyak digunakan pada bangunan minimalis sebagai penutup permukaan dinding. Aluminium composite panel juga dapat berfungsi memperindah bangunan atau arsitektur dengan mengkombinasikannya, biasanya banyak mengkombinasikan dengan kaca. Penggunaan aluminium untuk indoor biasanya digunakan sebagai partisi penutup kolam renang dan juga untuk plafon artistik.

Aluminium composite panel (ACP) memiliki warna yang bervariasi sehingga banyak kontraktor bangunan atau developer yang mempertegas warnanya menjadi lebih nyata. Pemroduksian aluminium composite panel ketebalan umumnya diproduksi 4 mm. Penggunaan ACP dapat membuat gedung lebih menawan dan terkesan mewah. Dan juga harga jual aluminium composite panel cukup terjangkau sehingga banyak kontraktor yang tidak ragu menggunakan material ini untuk memperindah bangunan.

Nah itulah tadi artikel mengenai Aluminium Composite Panel (ACP) mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Aluminium Composite Panel (ACP) , untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.