Atap Zincalume

Kenali Lebih Jauh TentangAtap Zincalume

Atap zincalume merupakan sebutan untuk material penutup rangka atap yang berbahan dasar baja yang dilapisi unsur aluminium dan zinc. Sifat aluminium yang tahan karat, dipadukan dengan kekuatan seng yang keras, menjadikan zincalume menjadi material tahan karat, kaku dan kuat serta lebih ringan dibanding Galvanis.

Baja lapis ZINCALUME merupakan baja lembaran lapis logam paduan dengan komposisi 55% Aluminium dan 45% Seng. Komposisi ini memberikan perlindungan yang prima sehingga baja ini cocok untuk berbagai aplikasi bangungan dan manufaktur. Dengan biaya yang setara, baja lapis ZINCALUME memberikan usia pakai 2 hingga 6 kali lebih lama dibandingkan dengan baja lapis Galvanis pada aplikasi yang sama. Baja lapis  ZINCALUME memiliki lapisan resin jernih yang membuat permukaannya mudah di cat, mencegah goresan dan bercak tangan. Bersamaan dengan itu lapisan pasivasinya menjamin permukaannya yang keperak-perakan tetap terjaga. Tampilannya yang mengkilap memberikan daya pantul cahaya dan panas yang tinggi. Daya tahan panasnya mencapai 315 derajat celcius tanpa mengalami perubahan warna pada permukaannya, sehingga sangat cocok dipergunakan untuk atap bangunan anda.

Tabel Berat dan Jenis

Ini adalah Tabel Berat dan Jenis Atap yang beredar di seluruh indonesia.

Gimana ? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Atap yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Atap tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Atap dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Bahkan ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa ketahanan atap zincalume terhadap cuaca ekstrem penyebab munculnya karat dan korosi, lebih baik 4 kali lipat dibanding atap baja dengan lapisan Galvanis. Jika melihat kelebihan tersebut, wajar jika banyak yang kepincut dengan zincalume. Ditambah lagi, dalam implementasinya zincalume untuk atap yang sering disebut trimdek zincalume, juga dapat digunakan sebagai dinding sekat ruangan, atau ekspos bertema industrial untuk interior. Bahkan ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa ketahanan atap zincalume terhadap cuaca ekstrem penyebab munculnya karat dan korosi, lebih baik 4 kali lipat dibanding atap baja dengan lapisan Galvanis. Jika melihat kelebihan tersebut, wajar jika banyak yang kepincut dengan zincalume. Ditambah lagi, dalam implementasinya zincalume untuk atap yang sering disebut trimdek zincalume, juga dapat digunakan sebagai dinding sekat ruangan, atau ekspos bertema industrial untuk interior.

Selain dilapisi dengan unsur alumunium, seng dan silikon, ternyata ada lapisan lagi yang membuat atap zincalume mudah untuk di cat ulang, yaitu lapisan resin. Lapisan resin jernih ini, membuat zincalume tidak mudah tergores, mudah dicat dan tidak menimbulkan adanya bercak tangan.

Atap jenis ini dapat diaplikasikan terhadap rangka atap besi, kayu atau baja ringan. Namun jika anda membutuhkan penyelesaian yang cepat, mudah dan murah, sebaiknya gunakan rangka atap baja ringan Galvalume sebagai penopang penutup atap. Sebab atap zincalume juga merupakan bagian dari atap baja ringan Galvalume.

Perbedaan Atap Galvanis dan Atap Zincalume

Sebelum membeli atap zincalume, sebaiknya anda mengetahui perbedaan antara atap zincalume dan atap galvanis. Jika sebelumnya anda belum pernah membeli salah satunya, maka kesempatan untuk salah beli bisa saja terjadi. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara membedakan antara zincalume dengan galvanis.

Lapisan pada Zincalume terdiri dari 55% unsur coatingnya adalah aluminium, 43,5% adalah unsur seng/zinc dan 1,5% unsur silikon. Sedangkan lapisan pada Galvanis terdiri dari 98% Zinc dan 0.2 Alumunium. Dari sisi warna permukaan, untuk baja ringan lapisan galvanis memiliki corak seperti bunga es, sedangkan untuk lapisan zincalume memiliki warna permukaan dengan corak pasir berukuran kecil. Zincalume tidak memiliki ketahanan terhadap semen, sedangkan galvanis memiliki ketahanan sangat baik terhadap semen.

Atap Zincalume lebih cenderung tahan terhadap karat, namun kurang baik menahan terjadinya keropos. Sebaliknya dengan galvanis, yang tahan terhadap keropos, namun lebih lemah terhadap karat.

Kelebihan Atap Zincalume

Masih banyak sekali sebenarnya manfaat yang dapat diperoleh setelah menggunakan atap zincalume. Untuk lebih lengkapnya mengenai kelebihan baja ringan zincalume untuk atap, simak paparan berikut.

  1. Mampu Memantulkan Panas

Lapisan pada Zincalume juga mengandung lapisan pasivasi yang dapat membuat permukaannya berwarna keperak-perakan dan mengkilap. Berkat tampilannya tersebut, penutup atap jenis baja ringan ini dapat memantulkan cahaya dan panas dengan maksimal.

  1. Tahan Karat dan Korosi

Perpaduan antara zinc, aluminium dan resin membuat baja ringan zincalume memiliki daya tahan terhadap korosi dan karat yang sangat tinggi. Ditambah adanya lapisan resin, yang membuatnya tidak mudah lecet karena gesekan. Lecet karena gesekan dan goresan menjadi faktor utama yang menyebabkan material berbahan besi dan baja menjadi karatan.

  1. Tahan Terhadap Suhu dan Cuaca Ekstrem

Pembuatan zincalume dilakukan pada suhu permukaan yang mencapai 600 derajat fahrenheit, sehingga mampu bertahan pada suhu dan cuaca yang sering berubah secara ekstrim. Kemampuan ketahanan terhadap panas hingga mencapai 315 derajat celcius, yang dapat memberikan keuntungan pada warna yang tidak mudah berubah. Namun meskipun dapat berubah, zincalume mudah di cat ulang, karena peran lapisan resin jernih.

  1. Mudah Dipotong dan Dibentuk

Karakternya yang ringan, mudah dipotong dan dibentuk menjadikan zincalume dapat diaplikasikan menjadi apapun, tidak hanya sebagai penutup atap. Salah satunya, dapat digunakan sebagai dinding ruangan yang ingin ditampakkan menjadi industrialis dengan ekspos material logam.

Petunjuk Penyimpanan dan Pemasangan Atap Zincalume

  • Proses Pemasangan. Buang terlebih dahulu material lain yang berbahan logam, seperti paku dan potongan logam lain. Hal ini diperlukan untuk mencegah gesekan antar material logam, yang dapat menimbulkan goresan yang dapat memicu munculnya karat dan korosi.
  • Sistem Pengikat. Untuk mengikat antar lembaran atap zincalume, dibutuhkan pengikat berupa sealant. Sealant yang digunakan harus netral dan tidak berbahan unsur amina atau asam asetat.
  • Proses Pengelasan. Jika anda membutuhkan pengelasan untuk menyambung zincalume, usahakan memberikan lapisan cat yang mengandung seng pada sambungan.
  • Proses Penyimpanan. Usahakan jangan meletakkan zincalume secara langsung di atas lantai. Gunakan penopang dari bahan kayu, untuk mencegah gesekan.

Nah itulah tadi artikel mengenai Atap Zincalume mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dari Atap Zincalume, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.

Produk dari Atap Zincalume :

  1. Alumunium Composite Panel
  2. Foil Double
  3. Genteng Bubble Pasir
  4. Foil Single
  5. Genteng Metal
  6. NOK C
  7. Genteng KOKO Roof

Incoming search terms:

  • atap zincalume hitam