Atap Polycarbonate Greca

ATAP POLYCARBONATE GRECA

Atap Polycarbonate Greca merupakan jenis penutup atap yang dibuat dengan bahan dasar polycarbonate. Unsur ini masih tergolong dengan kelompok polimer termoplastik yang mudah dibentuk dengan menggunakan suhu panas. Sebagai atap, polycarbonate dapat mengalirkan air hujan dengan cepat, dan dapat menyerap sinar matahari hampir 90%. Hal ini yang menyebabkan ruangan di bawahnya tetap sejuk.

Ada banyak jenis material yang bisa kamu gunakan sebagai penutup atap. Namun, jika kamu menginginkan material dengan karakter bening, opsi yang tersedia sangatlah minim karena didominasi oleh kaca. Berkat perkembangan zaman, kini terdapat alternatif baru berupa atap polycarbonate.

Polycarbonate memiliki sifat dasar yang tembus pandang, ringan, tahan benturan dan tahan cuaca. Sehingga membuat polycarbonate sebagai material plastik yang paling ideal untuk pengganti kaca, dalam cakupan bidang industri hingga rumah hunian. Atap Polycarbonate mulai masuk di Indonesia sejak awal tahun 90-an sebagai material atap untuk ruangan yang membutuhkan cahaya alami sinar matahari.

Oleh sebab itu, penambahan anti UV pada salah satu sisi ataupun kedua sisi atap Polycarbonate sudah menjadi standard bagi produsen material tersebut. Bahkan beberapa merk import, terdapat Polycarbonate yang sedari awal pembuatan sudah dicampurkan dengan komponen anti UV ketika material transparant ini masih dalam mesin ekstrusi. Hal ini dilakukan, agar komponen anti UV dapat benar – benar menyatu, dan benar – benar dapat menyerap panas sinar UV ketika digunakan.

Nah, buat kamu yang penasaran dan bingung memilih penutup atap yang tepat, yuk, ketahui serba-serbi atap polycarbonate melalui artikel di bawah ini!

Tabel Jenis dan Berat

Ini adalah Tabel Berat dan Jenis Atap yang beredar di seluruh indonesia.

Gimana ? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Atap yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Atap tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Atap dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Kelebihan Atap Polycarbonate Greca

  • Kualitas Kejernihan Setara Kaca

Kualitas kejernihan dari atap polycarbonate dapat disejajarkan dengan kaca, termasuk kekuatan untuk memudarkan cahaya matahari. Lebih menarik lagi, material polycarbonate mempunyai kekuatan 200 kali lebih baik dari kaca dan 30 kali lebih kuat ketimbang akrilik. Selain itu, atap polycarbonate juga mempunyai bobot 10 kali lebih ringan dibandingkan kaca sehingga mempercepat proses instalasi dan meminimalisir biaya pembangunan hunian kamu.

  • Atap Polycarbonate Sangat Mudah Dibentuk

Kelebihan lain dari atap polycarbonate adalah dapat memudahkan proses pemasangan karena sangat mudah untuk dipotong menggunakan peralatan biasa seperti gerinda atau gergaji tangan. Tidak hanya itu, atap polycarbonate juga sangat mudah untuk dibentuk lengkungan sehingga pemasangannya bisa disesuaikan menurut keinginan kamu.

  • Durabilitas Tinggi Atap Polycarbonate

Bicara kekuatan, atap polycarbonate memiliki durabilitas yang sangat prima. Atap dengan material polycarbonate dapat tahan terhadap kerusakan meskipun terkena bola berbobot 4 kilogram yang terjatuh dari ketinggian 9,5 meter selama tiga kali berturut-turut. Melalui kelebihan tersebut, polycarbonate pun turut dipakai sebagai tameng polisi, jendela pada pesawat terbang, serta keperluan lain yang memerlukan material kuat tahan benturan.

  • Mudah Dibersihkan

Sama halnya dengan kaca, atap polycarbonate juga sangat mudah untuk dibersihkan. Untuk menghilangkan kotoran yang menempel, kamu cukup menyemprotkan air sabun, lalu usapkan kain lembut untuk menghilangkan kotoran. Harap diperhatikan agar hindari penggunaan benda tajam karena dapat menggores permukaan, serta jangan menginjak lembaran polycarbonate secara langsung supaya tidak mudah rusak.

Saat memilih material atap polycarbonate, pastikan kamu memilih produk yang sudah dilapisi anti-UV sehingga warnanya tidak mudah menguning. Selain itu, pilihlah produk polycarbonate yang menawarkan garansi warna dan ketahanan sinar matahari sehingga memberikan jaminan untuk penggunaan jangka panjang.

  • Ramah Lingkungan

Saat ini, tren green building sangat populer karena semakin banyak orang yang peduli terhadap lingkungan. Nah, buat kamu yang ingin menggunakan material ramah lingkungan, atap polycarbonate merupakan opsi terbaik karena telah diakui oleh Greenship dengan rating bangunan hijau. Lebih penting lagi, material polycarbonate juga sepenuhnya bisa didaur ulang tanpa mengalami penurunan kualitas.

Tips Memilih Atap Polycarbonate

  • Kekuatan dan Daya Tahan. Tekan lembaran atap Polycarbonate kuat – kuat, jika terjadi penyok, dan timbul lendutan pada rongga Polycarbonate, berarti kualitas dari material tersebut layak dipertanyakan. Sebab, Polycarbonat berkualitas baik, tahan terhadap benturan dan tekanan.
  • Pilih Sesuai Kebutuhan. Polycarbonate memiliki berbagai ragam jenis, sehingga anda hanya harus memilih sesuai dengan yang anda butuhkan.
  • Kesesuaian Warna. Pilih atap Polycarbonate yang memiliki warna yang seirama jika dipadukan dengan warna dinding anda.
  • Perhatikan Jaminan Garansi. Ini tidak kalah pentingnya, untuk kebutuhan pemakaian yang lama, sebaiknya anda juga mempertimbangkan jangka waktu garansi diberikan jika terjadi kerusakan yang bukan kesalahan pemasangan.
  • Perlindungan Sinar UV. Polycarbonate dengan kualitas baik, dibekali dengan lapisan UV protection. Lapisan ini akan memantulkan panas, namun tetap menghantarkan cahaya. Anda dapat mencoba membawa lembaran Polycarbonate dibawah terik matahari dan letakkan di atas kepala. Jika terik matahari sama menyengatnya dengan tanpa menggunakan Polikarbonat, dapat disimpulkan bahwa kualitas Polikarbonat tersebut jelek.

Cara Pasang Atap Polycarbonate Greca

Ikuti langkah – langkah berikut, untuk memasang atap polycarbonate greca secara baik dan benar. Karena setiap langkahnya, membutuhkan ketelitian dan kehati – hatian ekstra.

  1. Pastikan terlebih dahulu, derajat kemiringan permukaan rangka atap lebih dari 5 derajat.
  2. Pertama, potonglah lembaran polycarbonate menggunakan alat pemotong, seperti gunting besi, gerinda atau gergaji. Untuk hasil yang lebih rapi, anda juga bisa menggunakan silet cutter berukuran besar.
  3. Setelah pemotongan selesai, lembaran polikarbonat twinlite akan dipasang dengan menggunakan pengencang anti karat pada setiap struktur atap. Proses ini dilakukan dengan mulai membuat lubang pada pada lembaran polikarbonat berukuran 2 mm untuk penempatan pengencang. Jumlah penggunaan pengencang, harus disesuaikan dengan kebutuhan.
  4. Setelah tahap pemasangan selesai, ujung polikarbonat di tutup dengan selotip kedap air. Selanjutnya ditambahkan profil U untuk menutup selotip kedap air tersebut.
  5. Untuk menggabungkan stiap potongan lembaran polikarbonat, gunakan profil H. Profil H yang digunakan, anda dapat memilih yang berbahan polikarbonat atau berbahan alumunium.
  6. Gunakan gasket karet Neoprene sebagai bantalan, antara polikarbonat dengan rangka atap. Jangan gunakan gasket berbahan dasar PVC yang keras.
  7. Gunakan sealant untuk menutup sambungan – sambungan lembaran polikarbonat, untuk menutup celah yang memunginkan membuat terjadinya rembesan air. Namun pilih sealant yang sesuai dengan unsur – unsur polikarbonat, agar tidak menimbulkan kerusakan pada material polikarbonat.

Nah itulah tadi artikel mengenai Atap Polycarbonate mulai dari definisi , tabel jenis dan berat, serta fungsi dan cara pasang dari Atap Polycarbonate, untuk mendapatkan produknya Kalian bisa langsung hubungi marketing kami yang sudah tertera kontaknya di bawah website ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda pada saat akan membeli material konstruksi untuk bangunan Anda.