Mengenali Lebih Jauh Atap PVC

Atap PVC merupakan jenis atap yang terbuat dari bahan polivinil klorida atau biasa disingkat PVC yaitu polimer termoplastik. Atap jenis ini juga banyak diminati oleh sebagian orang karena harga atap PVC murah, tahan lama dan mudah dalam pemasangannya. Keunggulan lainnya atap jenis ini lebih elastis jika dibandingkan dengan jenis atap lainnya, karena terdapat campuran plasticizer sehingga bahan atap ini tidak mudah patah, karena keelastisannya. Untuk menggunakan jenis atap ini, pastikan spesifikasinya karena ada banyak sekali varian warna, ukuran dan ketebalan yang beragam sehingga sebelum membeli sesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Tabel Berat Dan Jenis Atap

Dan ini adalah Tabel Berat dan Jenis Atap yang beredar di seluruh indonesia.

Gimana ? Banyak sekali bukan jenis, Ukuran dan berat dari setiap masing-masing Atap yang ada. Jika kamu kebingungan atau sudah biasa menggunakan Atap tertentu. Maka itu akan lebih mudah lagi. Hanya tinggal berkonsultasi kepada Distributor Resmi yang menyediakan Atap dengan standar SNI tentunya. Kami sebagai distributor siap membantu anda menyediakan berbagai macam kebutuhan konstruksi bangunan anda. 

Berbagai platform yang bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dengan kami. Bisa Melalui Email, Whatsapp dan Telepon langsung. Atau ketemuan saja di outlet kami duniabajakomsen.com kami siap membantu anda.

Produk dari Atap PVC antara lain : 

  1. Atap Onduclair
  2. Atap Polycarbonate Greca
  3. Atap Pvc Elit Roof
  4. atap UPVC
  5. Genteng PVC
  6. Genteng Transparan
  7. NOK Elit Roof
  8. Spandek Transparan

Perbedaan Atap PVC dan UPVC

  • Material PVC cenderung mengandung lebih banyak bahan aditif pembuat plastik karena telah melalui tahap plasticized. Proses ini memberikan sifat fleksibel pada material PVC. Sebaliknya, dalam proses pembentukannya material uPVC tidak melalui tahap plasticized dan tidak mengandung unsur BPA. Sifatnya pun berbeda, yaitu lebih rigid. 
  • Sekalipun memiliki material dasar yang sama, yaitu plastik, namun material uPVC memiliki ketahanan lebih baik terhadap api. Unsur chlorine (garam) dalam material uPVC membantu mencegah penyebaran api dan listrik, sehingga tidak akan mudah terbakar. Sebaliknya, api akan padam dengan sendirinya.

Persamaan Atap PVC dan UPVC 

  • Terbuat dari unsur plastik, PVC dan uPVC memiliki struktur yang sangat ringan. Namun demikian, kekuatan keduanya tidak perlu diragukan lagi. Sifat kuat dan kokoh inilah yang membuat material PVC dan uPVC kini banyak diproduksi untuk kebutuhan roofing. Daya tahan PVC maupun uPVC dapat mencapai belasan tahun.
  • Tidak hanya kuat dan kokoh, keduanya memiliki ketahanan yang baik terhadap cuaca dan berbagai bahan kimia. Material PVC dan uPVC yang Anda gunakan tidak akan mengalami oksidasi sekalipun terpapar oleh cuaca ekstrim atau pun bahan kimia yang bersifat korosif. 
  • Apabila menggunakan material PVC atau uPVC, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya perawatan yang tinggi untuk melakukan pengecatan. Beberapa material PVC seperti Lasercool dan material uPVC seperti Alderon telah dilengkapi dengan lapisan pelindung UV, yang akan mengisolasi panas matahari dan mencegah terjadinya perubahan warna. Bahkan keduanya memiliki kemampuan untuk meredam suara.
  • Untuk Atap PVC Lasercool dan Atap uPVC Alderon, Anda akan menemukan berbagai pilihan tipe dan warna untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Beberapa di antaranya mampu meneruskan cahaya alami hingga 20%, yang tentunya akan memberikan berbagai manfaat untuk ruangan Anda.

Fungsi Atap Pada Bangunan Kita

Atap merupakan elemen yang penting dalam bangunan, Fungsinya tak hanya sebagai pelindung bangunan dan penghuni di dalamnya, dari cuaca atau suhu. Namun juga Atap berfungsi sebagai pembentuk Identitas tampilan rumah itu sendiri.

Atap rumah mirip helm yang menaungi kepala kita. Model dan bahan helm itu dirancang kuat sehingga agar andal melindungi isi kepala kita dari segala benturan. Seperti helm tadi, atap pun harus kuat agar mampu melindungi rumah dari perubahan cuaca.

Neraca. Selain itu, atap juga menjalankan fungsi melindungi ruang yang ada di bawahnya. Fungsinya antara lain menahan radiasi panas berlebih, mengurangi dampak tampias hujan, dan menghambat pergerakan angin yang biasanya membawa debu.

Dasar pertimbangan bentuk adalah seberapa luas ruang yang akan dinaungi. Kriteria luasan diukur dari batas ruang terluar, semisal teras, hingga batas dinding yang akan menyangga balok pengaku dudukan rangka atap. Untuk beberapa kasus, bentuk atap diteruskan hingga keluar dari teras. Ini agar teras tidak terkena sorot matahari langsung dan tampias hujan.

Pilihan bentuk biasanya mempertimbangkan konsep rumah yang akan diciptakan di depan publik. Keputusan desain mewakili selera pemilik rumah. Berbagai modifikasi bentuk boleh saja dilakukan, asalkan tetap memenuhi fungsi.

Konstruksi atap yang cermat memudahkan pemilik rumah memelihara bangunan dalam jangka panjang. Kecermatan itu terwujud dari desain rangka yang rigid, kemampuan berdiri tegak, dan tak goyang diterpa angin, atau hujan badai. Untuk beberapa kasus, rangka baja ringan dapat mengurangi resiko dampak benturan bebannya sendiri jika terjadi gempa.

Sistem rangka baja ringan terlebih dahulu diuji dan diolah dengan bantuan software analisa struktur untuk konstruksi baja ringan. Itu pun masih harus diinstal dan dipasang oleh aplikator khusus, bukan oleh tukang bangunan biasa. Kekuatan rangka atap juga terwujud pada daya tahan material yang tak rontok hanya karena ulah serangan rayap. Tak berubah bentuk, semisal, mengalami susut muai akibat pergantian temperatur suhu udara.

Jelas sudah, atap rumah modern bukan sekadar menonjolkan bentuk semata. Konsep modern itu ditujukan berupa solusi desain struktur yang terpadu dan terancang secara mendetail. Bagaimana pun juga, optimalisasi rancangan atap ditujukan agar pemilik rumah dapat hidup nyaman dan bekerja lebih produktif. Ada beberapa bahan penting yang harus benar- benar diperhatikan dalam pembuatan rumah dalam tahap melindungi penghuninya dari cuaca dan iklim di sekitarnya yang kadang-kadang tidak menentu.

Diantara salah satunya adalah atap rumah berfungsi sangat penting untuk menjaga kondisi penghuni yang berada di dalam rumah tersebut, untuk itu seseorang harus benar-benar membutuhkan material dan konstruksi atap yang tepat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penghuninya. Disini ada banyak ragam material atap yang ditemukan dari berbagai survei, untuk pemilihan atap rumah yang sesuai dengan fungsi dan tujuan rumah tersebut, mulai dari konstruksi, bahan penutup atap hingga plafon sebagai finishing akhir di bagian dalam rumah.

Jenis materialnya, seperti PVC, Polikarbonat, aspal dan lainnya. Sehingga rumah akan terasa lebih nyaman dari gangguan terik sinar matahari dan hujan pada saat di tempati, dari aksen perlindungan yang dihasilkan atap rumah inilah yang kemudian bisa menahan pergantian iklim maupun cuaca di sekelilingnya.

Nah itulah tadi Artikel tentang Definisi, Spesifikasi, dan Fungsi dari material bangunan Atap PVC, Telah kami jelaskan secara terperinci langsung dengan tabel berat dan jenis Atap PVC yang tersedia di Kami.

Untuk mendapatkan Atap PVC ini dengan standar SNI bisa langsung menghubungi marketing kami Dunia Baja Komsen yang sudah kami sertakan No Telpon, Whatsapp dan email di Button samping maupun di paling bawah website ini.